-->

10 cara top budidaya Bawang Merah Hasil Melimpah

​​​​​10 cara Top Budidaya Bawang Merah Hasil Melimpah

Di era modern banyak sekali berkembang inovasi inovasi budidaya bawang merah. Keterbatasan lahan dan tingginya permintaan yang menyebabkan petani berlomba lomba untuk mengembangkan budidaya bawang merah. Jelas saja keuntungan yang kita peroleh dari budidaya tanaman ini akan membuat kita tergiur. mereka berlomba lomba mengembangkan cara top budidaya bawang merah hasil melimpah dengan berbagai teknik. blog ini akan mengupas semua teknik budidaya bawang merah.

10 Cara Top ​​​​​​​Budidaya Bawang Merah Hasil Melimpah
Bawang merah selalu ada pada masakan indonesia

Modernisasi menciptakan ide ide baru untuk mengimbangi permintaan pasar. Tujuan lain dari inovasi ini adalah swasembada bawang. Jaman sekarang kita yang bukan petani sekalipun bisa menekuni dunia pertanian sebagai hobi.  Dengan hanya membaca artikel di internet bagaimana budidaya bawang merah, kita juga bisa layaknya petani sungguhan. Bisa juga kita menanam bawang merah dengan melihat tutorial nya di youtube. Praktis mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Ada menanam bawang merah organik dan ada pula menanam anorganik

10 Cara Top ​​​​​​​Budidaya Bawang Merah Hasil Melimpah
Keterbatasan keterbatasan yang dulu menjadi penyebab sedikit yang mengembangkan budidaya bawang merah sekarang sudah dapat ditanggulangi. Baik musim penghujan dengan curah hujan tinggi maupun budidaya bawang merah di lahan kering pun sekarang sudah bisa. Kemajuan inovasi dan teknologi  sangat berperan besar terhadap kondisi dan minat para petani untuk senantiasa bercocok tanam.

Faktor keterbatasan lahan sudah bukan lagi masalah untuk mengembangkan budidaya jenis ini. Kita bisa memanfaatkan barang barang bekas seperti pot bekas, polybag atau lain-nya sebagai wadah untuk menanam tanaman ini. Efektif dan dengan lahan yang sempit pun kita bisa memiliki hasil sendiri dari pengembangan ini.Yang jelas terdapat perbedaan antara cara menanam bawang merah modern dan tradisional

10 Cara Top ​​​​​​​Budidaya Bawang Merah Hasil Melimpah

Faktor permintaan yang tinggi terhadap bawang merah dan stok yang terbatas menyebabkan melambungnya harga bawang merah. Bahkan ada momen momen tertentu harga bawang merah mencapai ratusan ribu per kilogramnya. Sungguh sangat menggiurkan. Coba bayangkan jika anda menanam 10 kg bibit saja anda bisa mendapatkan hasil yang berlipat. Keuntungan pun mengalir pada usaha budidaya ini.

1.Bagaimana cara yang tepat untuk budidaya bawang merah pdf

10 Cara Top ​​​​​​​Budidaya Bawang Merah Hasil Melimpah
Sebuah tutorial perlu anda baca baca sebelum melaksanakan budidaya tanaman ini. Ingat ilmu itu mahal. Semakin kita tahu sifat sifat dan karakteristik tanaman ini maka semakin besar pula peluang keberhasilan usaha budidaya sayuran jenis ini. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk budidaya bawang merah?

Saya sudah menyiapkan panduan bagaimana cara yang tepat untuk budidaya bawang merah pdf. Anda cukup baca dan praktekan. Jangan salah, pelajari bagaimana cara hidupnya, cara memilih bibitnya, cara membuat media atau pengolahan lahan-nya, penanaman-nya, bagaimana perawatannya, apa saja pupuk nya, cara mengatasi penyakit pada sayuran ini, terakhir cara memanen dan pemasarannya.

Mengingat harga bibit yang mahal maka anda juga perlu belajar dan mempraktekan bagaimana menyiapkan bibit dan membuat bibit nya. Semua itu penting anda lakukan sebagai tahapan agar mengurangi biaya produksi usaha sayur ini.
Anda yang berminat ingin mengetahui bagaimana budidaya bawang merah pdf bisa download saja pada artikel dibawah ini

Pedoman Budidaya Bawang Merah pdf Bagi Pemula Yang Ingin Sukses


Pedoman ini nanti yang akan membimbing anda dalam pengelolaan dan pembudidayaan secara benar agar berhasil dan memperoleh keuntungan yang berlipat.

2.Cara budidaya bawang merah ​​​​​​​dalam polybag

10 Cara Top ​​​​​​​Budidaya Bawang Merah Hasil Melimpah
Polybag atau plastik yang digunakan sebagai wadah tanam ini berbeda dengan plastik plastik yang ada dirumah atau plastik yang diberikan oleh petugas swalayan. Bentuk nya jika sudah dilebarkan bagian bawahnya datar dan ada lubangnya. Cara budidaya bawang merah dalam polybag ini sebenarnya juga sudah cukup lama artinya sudah banyak masyarakat yang mengembangkan inovasi budidaya sayauran ini. Biasanya juga budidaya bawang merah di pot juga menjadi alternatif

Anda bisa beli plastik polybag di toko pertanian, harganya murah kok sekitar 12 ribu, biasanya satu pak berisi 25 polybag. Anda bisa mengisinya dengan media tanam dan anda taruh bibit bawang merah jika media tanam sudah bagus.

Anda bisa meletakkan polybag yang sudah anda tanam benih pada lahan yang terkena cahaya matahari atau lahan terbuka. Kondisi terbuka ini sangat dibutuhkan oleh sayuran ini. Taruh di luaran teras yang terkena sinar matahari juga bisa, saya sendiri juga sudah praktek dan hasilnya luar biasa. Dengan menanam 100 polybag bawang  kita bisa menghasilkan banyak umbi dan melimpah.

Misalkan anda suami, maka dengan bercocok-tanam sayuran ini berarti anda sudah membantu istri dalam menyediakan kebutuhan dapurmu. Dengan menanam bawang merah dalam polybag anda juga menghias lahan halaman menjadi kebun yang enak dipandang mata.

Saya sudah sediakan artikel khusus yang mengupas habis bagaimana budidaya sayuran ini. Silakan anda baca dan kemudian action saja. Silakan masuk dan kunjungi artikel di bawah ini.

 9  Langkah Budidaya ​​​​​​​Bawang Merah Dalam Polybag di Rumah 

Baca artikel nya dengan seksama dan silakan unduh materi didalamnya, pahami baik baik kalau perlu cetak atau diprint.

3. Teknik budidaya bawang merah hidroponik

Teknik ini sekarang yang paling populer dikalangan masyarakat. Biasanya yang mengembangkan budidaya bawang merah hidroponik ini dari kalangan menengah ke atas. Biaya yang mahal dan ribet penggeseran-nya itu yang menjadi pokok alasannya. Meski begitu tetap saja menanam bawang merah hidroponik memiliki nilai sendiri.

Indah dipandang mata, dan hasil yang melimpah juga yang menyebabkan banyak orang mulai beralih ke usaha budidaya ini. Media air adalah kunci dari teknik ini. Anda harus mempersiapkan bahan bahan atau alat alat yang memungkinkan terjadi perguliran air. Karena sistem atau metode ini sangat bergantung dengan aliran air yang menjadi media nya.

Anda bisa membuat rangkaian paralon kemudian anda lubangi dan anda berikan penyekat bisa dengan bekas kemasan air minum gelas yang sudah dilubangi bagian bawahnya. Tempelkan rangkaian pralon tadi di tembok atau apa terserah anda. Karena kita lihat tujuannya kan tidak sekedar budidaya namun juga kita akan kembangan budidaya sayuran ini menjadi nilai estetika.  Buat semenarik mungkin, nah jika sudah jadi dan tumbuh subur bisa di pakai sebagai tempat rekreasi mandiri. Anda bisa ber foto foto di kebun anda yang rindang, cantik pastinya.

Anda juga bisa menggunakan vertikultur hidroponik yang sama juga kurang lebihnya dengan inovasi budidaya bawang merah vertikultur dengan paralon 

Untuk membantu anda dalam membuat atau mengembangkan budidaya bawang merah hidroponik. Saya sudah siapkan panduan-nya. Pokoknya pada blog ini khusus bahas cara budidaya budidaya sayuran berbagai metode. Anda bisa mengunjungi artikel di bawah ini, untuk membantu anda menyiapkan segala sesuatu yang anda butuhkan dan anda lakukan sebelum memulai, saat memulai sampai proses akhir. Kupas habis pokoknya.

6 Langkah Budidaya Bawang Merah Hidroponik Unik

Setelah anda nanti berhasil menanam bawang merah dengan sistem ini anda bisa mengembangkan untuk tanaman lain semacam cabai dan sebagainya.

4. Budidaya bawang merah di dataran ​​​​​​​tinggi

Di dataran tinggi  memang tergolong tempat yang ekstrem untuk bercocok tanam. Wilayahnya dengan kelembaban yang tinggi menyebabkan banyak tanaman budidaya yang busuk dan mudah terserang penyakit. Namun jangan takut semua bisa kita atasi jika kita tahu metode atau caranya. Apalagi mengenai topik yang kita bahas ini, bagaimana ya supaya budidaya bawang merah di dataran tinggi bisa berhasil?

Ketekunan dan teknik yang benar akan menentukan keberhasilan dalam menanam bawang merah di dataran tinggi. Anda mungkin bertanya tanya, apa mungkin bisa dan berhasil dengan hasil melimpah? Tentu saja bisa kan tadi sudah saya bilangan semua ada ilmunya. Belajar dan belajar akan membuat anda punya pengetahuan yang luas, berwawasan luas. Apa anda pernah melihat menanam bawang merah di dataran tinggi? Pasti saya yakin anda sudah pernah melihatnya, buktinya bisa kan?

Bagi anda anda yang bertempat tinggal di wilayah atau dataran tinggi anda bisa mencoba menerapkan sistem menanam bawang merah di dataran tinggi ini. Namun memang perlakuan untuk budidaya bawang merah di dataran rendah berbeda. Jangan tanya kalau anda berhasil pasti anda bisa kaya raya. Sementara masih sedikit di wilayah yang anda budidaya.

Ini nih panduan yang anda butuhkan sebagai peralatan tempur anda dalam mempersiapkan diri mengembangakan budidaya ini. Silakan simak sampai tuntas, praktekan dan dapatkan hasil yang luar biasa
Anda minat mencoba silakan pelajari dan semoga berhasil dengan melimpah

5. Budidaya bawang merah nasa

Supaya budidaya komoditas ini sukses maka kita harus siap menghadapi berbagai masalah (resiko) di lapangan. Salah satu diantaranya cara budidaya, adanya serangan hama dan penyakit, kekurangan unsur mikro, dan sebagainya  yang menyebabkan produksi menurun. Karena hal tersebut, PT. Natural Nusantara berupaya ingin membantu membantu petani dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Lalu bagaimana menerapkan teknik budidaya bawang merah nasa dan apakah ada jaminan keberhasilan?

NASA berkeinginan untuk membantu meningkatkan produksi bawang merah secara kuantitas, kualitas dan termasuk kelestarian (K3), maka petani dapat berkarya dan berkompetisi di masa atau jaman  perdagangan bebas. Inilah yang menjadi moto dari menanam bawang merah dengan Nasa.

Panduan lengkap untuk anda yang tertarik untuk menanam bawang merah Nasa sudah saya siapkan , Pokoknya ini blog spesial bagi anda yang mau tanam macam macam sayuran terutama komoditas yang sedang kita bahas ini. Silakan anda pelajari materi artikel dibawah ini

7 LANGKAH TEKNIK BUDIDAYA BAWANG MERAH NASA AGAR BERHASIL

Pokoknya ini blog spesial bagi anda yang mau tanam macam macam sayuran terutama komoditas yang sedang kita bahas ini. Silakan anda pelajari materi artikel di atas ini ya.

6. Budidaya bawang merah musim hujan

Bawang merah adalah satu dari sekian komoditas pertanian yang bisa di budidaya  di segala musim, baik di musim kemarau maupun di musim hujan. Usaha sebagaimana budidaya bawang merah di setiap musim terdapat tantangan dan resiko yang berbeda, oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai petani memiliki pengetahuan tentang  karakteristik tanaman umbi serta tahu betul bagaimana budidaya bawang merah musim hujan.

Walau  menanam bawang merah idealnya baik dilakukan saat terjadi musim kemarau, tetapi bukan berarti tidak mungkin di budidaya di musim hujan. Tanaman yang umbi nya seringnya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan obat herbal ini juga masih bisa tumbuh dengan baik saat musim hujan, jika di budidaya pada tempat dan cara yang tepat. Tanaman bawang merah pada musim hujan membutuhkan perlakuan yang cukup berbeda dengan teknik budidaya yang juga berbeda juga juga kita bandingkan dengan yang ditanam pada musim kemarau.

Disaat musim hujan inilah usaha menanam bawang merah memiliki resiko  lebih tinggi, terutama resiko dari serangan hama atau penyakit. Keberhasilan usaha budidaya  bawang merah musim hujan yang dilakukan ditentukan oleh banyak faktor yang satu dengan lainnya saling berkaitan. Faktor-faktor yang penentu keberhasilan dalam menanam bawang merah  adalah kemampuan petani dalam memilah dan memilih varietas yang sesuai, kemampuan memilih serta mengolah lokasi/lahan yang tepat, serta faktor pemupukan pada tanaman agar efisien dan efektif. Di satu sisi, faktor lainnya yang paling menentukan adalah kemampuan petani  bagaimana cara diagnosa dan cara mengatasi hama dan penyakit bawang merah ini.

Ilmu tentang karakteristik serta sifat suatu varietas bawang merah sungguh diperlukan, karena dengan ilmu tersebut dapat memudahkan kita saat mengatasi berbagai masalah di lapangan serta memudahkan kita memilih varietas yang sesuai pada setiap musimnya.

Anda yang ingin mengembangkan budidaya bawang merah musim hujan bisa belajar secara mendalam dengan mengunjungi artikel ini

12 Teknik budidaya bawang merah musim hujan

Dengan 12 teknik ini saya yakin anda tidak akan kesulitan untuk membudidayakannya. Semangat dan Selamat mencoba ke 12 teknik ini. Berikan testimoninya ya jika anda sudah mencoba

7. Budidaya bawang merah di pot

Sudah merupakan hal yang lumrah bila bawang merah itu di-budidaya-kan di sawah atau juga kebun. Biasanya pertanian model itu disebut sebagai sistem pertanian langsung. Anda pasti sudah tahu bahwa petani.- kita ini sebagian besar adalah petani tradisional. Petani tradisional juga biasa dikenal sebagai pertanian konvensional yang masih mengandalkan lahan yang luas.

Kita kali ini pada bab ini tak akan membahas itu, yang kita bahas adalah cara budidaya bawang merah di pot. Apa mungkin bisa ya, secara pot kan tidak biasa untuk menanam tanaman holtikutura macam itu.

Cara budidaya bawang di pot adalah salah satu model pertanian modern yang bisa diterapkan oleh siapa saja. Ya siapa saja bisa meskipun tidak punya lahan pertanian kita masih bisa menanamnya di depan rumah kita. Pasti anda akan tergiur untuk mencobanya, secara begitu jika kita menanam untuk mendapatkan tak hanya punya harga namun juga indah dipandang mata.

Kesenangan kita dalam cocok tanam tak harus menggunakan lahan luas kan? Kita dapat gunakan inovasi ini dan kita bisa sembada bawang, sayuran dan  tanaman sayuran holtikutura lain-nya. Bagi anda anda yang hidupnya di kota pasti anda tidak punya lahan pertanian, maka kita harus mengeluarkan uang yang cukup  bila kita mengandalkan belanja kebutuhan bumbu terus menerus. Dengan punya sendiri tanaman bumbu bawang merah kita nantinya banyak menghemat pengeluaran kita.

Cara budidaya bawang merah di pot ini sangatlah mudah dan tidak harus menggunakan punya ilmu yang tinggi dan pengalaman bertani, orang biasa dan bukan petani tetap bisa menikmati hasil dari apa yang anda tanam.

Cara menanam nya tidak sesulit yang dibayangkan dan pasti menguntungkan. Boleh dikatakan Cara merawat bawang merah dengan media pot memang mudah dilakukan. Ada syaratnya yaitu anda harus menanam dengan kondisi iklim yang memang mendukung untuk menanam di pot, Karakteristik pot itu media tanam nya mudah kering jadi ya harus pintar melihat kondisi cuaca. Media tanam dipilih tanah dan campuran agar subur, dan juga perlu diberikan perawatan. Dengan begitu bawang merah pasti tumbuh subur dan  bisa menghasilkan umbi melimpah.

Jika anda membudidayakan-nya pada pot  juga kamu mesti memerlukan banyak pot agar dapat menanam bawang merah dengan skala yang besar. Budidaya bawang merah di pot memang lebih kurang lebihnya sama jika dibanding dengan menanam bawang merah di sawah. Meski demikian, kadang perlakuan nya juga ada yang tidak sama. Untuk itu,

Anda harus mengerti betul cara budidaya bawang merah di pot agar tumbuh  subur, sehat dan produktivitas nya tinggi. Dalam menanam  menanam bawang merah dengan pot, hal yang perlu anda lakukan apa?

Anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman jenis ini sebaiknya anda baca dulu materi di bawah ini. Akan kami ulas apa apa saja yang perlu anda lakukan saat mulai penyiapan, penanaman, pemeliharaan, kontrol penyakit, masa panen. Ini dia yang anda paling butuhkan silakan terapkan:

Tanamkan pada diri anda bahwa anda bisa melakukan cara cara di atas, semoga anda sukses budidaya.

8. Budidaya bawang merah dari biji

Pada dasarnya tanaman sayur jenis ini sangat peka terhadap keadaan iklim yang buruk seperti curah hujan yang sangat tinggi serta keadaan cuaca lembab dan berkabut. Sampai saat ini petani bawang merah beberapa pusat produksi bawang merah seperti Brebes Jateng dan Nganjuk Jatim selalu menggunakan umbi bibit sebagai bahan tanaman, sehingga ongkos produksinya mahal. Bibit yang berasal dari umbi biasanya hasil yang didapat relatif tidak berubah dengan bergantinya waktu. Peningkatan daya hasil hanya bisa dilakukan melalui perbaikan kultur teknis, dan suatu ketika produksi bawang merah akan mengalami penurunan.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan produktivitas bawang merah yaitu selain perbaikan kultur teknis, petani juga harus mengenal varietas unggul.Salah satu varietas unggul bisa diperoleh dari benih yang ditanam ditanam melalui biji. Karakteristik sifat bawang merah ini adalah bentuk umbi yang bulat, ukuran seperti halnya bawang merah lokal filipina, warna umbi terlihat merah muda sampai coklat.

Cara budidaya bawang merah dari biji dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi, suhu optimal hidupnya pada suhu atau temperatur 25 sampai 32 derajat celsius, tanah yang paling ideal adalah tanah dengan aerasi nya yang baik, subur dan gembur serta mempunyai bahan organik tinggi. Kadar asam tanah antara 5,5 sampai 6,5.

Kupu-kupu dan ulat berakibat  bawang menjadi layu ini adalah salah satu hama-nya. Bawang merah bisa di budidaya dengan dua cara, yakni bibit tanam berupa biji botani atau dengan umbi bibit. Budidaya bawang merah dengan biji sangat dimungkinkan mendatangkan prospek cerah karena mempunyai beberapa kelebihan antara lain : keperluan terhadap benih relatif sedikit ±10 kg/ha, Benih ini juga mudah didistribusikan dan biaya transportasi akan lebih rendah, produktivitas hasil cukup tinggi serta sedikit wabah penyakit. Saat ini telah dikembangkan atau ada varietas baru bawang merah (TUK-TUK) yang mempunyai produktivitas tinggi dan dapat di budidaya melalui biji serta harga benih  nya juga lebih terjangkau.

Jika anda ingin mencoba budidaya bawang merah dengan biji silakan anda masuk pada artikel dibawah ini. Sudah saya siapkan dengan lengkap dan disertai teknis pelaksanaannya,

Cara yang benar budidaya bawang merah dengan biji agar mengurangi ongkos tanam
Bagaimana menggunakan dan menerapkan nya dengan mudah akan anda laksanakan, selamat mencoba dan sukses ya.

9. budidaya bawang ​​​​​​​merah dengan nasa

Yang perlu anda perhatikan dalam melakukan budidaya bawang merah dengan nasa sudah saya rangkum dibawah ini. Diamati dari tahap awal hingga tahap akhir ya, agar sukses sesuai pedoman dan mengikuti banyak yang sudah berhasil dengan teknik ini.

A. Sebelum Masa Tanam Bawang merah

1. Karakteristik dan syarat hidup tumbuh Bawang Merah dengan optimal.
Tahap awal dalam budidaya bawang merah dengan nasa adalah tahap pra tanam salah satunya anda harus mengerti bagaimana syarat tumbuh dan berkembang tanaman yang satu ini. Bawang merah dapat tumbuh dan berkembang optimal di tanah sawah atau pun ladang, tekstur lumayan gembur namun tidak liat dan tidak pula terlalu kering, Kadar asam tanah antara 5.6 - 6.5, ketinggian maksimal 2000 meter diukur dari permukaan air laut, kadar lembab  berkisar 50-70%, suhu optimal 25-32 derajat Celsius.

 2. Bagaimana Mengolah tanah Untuk Bawang Merah
- Pupuk kandang di tabur pada lahan, dosis 0.5 sampai 1 ton tiap 1000 meter persegi.
- cangkul dan biarkan satu minggu 
- bentuk bedengan dengan lebar 100 cm - 150 cm
- buatlah kanal atau bahasa jawa nya “parit” untuk memisahkan bendengan satu dengan yang lain          dengan lebar ukuran 40 cm - 50 cm, kedalaman kira kira 50 cm.
- bila PH tanah kurang dari 5.6 beri  saja Dolomit dengan dosis perkiraan 1.5 ton/ha. Sebarkan di atas bedengan lalu diaduk rata dengan tanah lalu dibiarkan 2 minggu.
- Berikan Natural GLIO kira kira 100 gr atau 1 bungkus Natural Glio setelah dicampur 25 sampai 50 kg pupuk kandang matang, ini untuk mencegah layu bawang, biarkan selama 1 minggu kemudian bisa anda taburkan merata diatas bedengan.

3. Pupuk Dasar Untuk Bawang Merah

- Pemberian pupuk :  sekitar 2-4 kilogram urea) ditambah 7-15 Kg ZA  dan 15-25 kg SP-36.  Taburkan dengan merata di atas bedengan dan aduk lah dengan rata pada tanah.
- Anda juga bisa menggunakan Pupuk Majemuk NPK, berikan saja dosis sekitar 20 kg/1000 meter persegi aduk rata dengan tanah pada bedengan.
- Penyiraman dengan pupuk SUPERNASA yang sudah dicampur air dengan merata pada bedengan dengan dosis kira kira 1 botol/1000 meter persegi caranya :
-  Cara ke-1 : 1 botol SUPERNASA dicampur dengan 3 liter air untuk dijadikan larutan induk. Setiap 200 cc larutan tersebut kemudian anda campur dengan 50 liter air untuk penyiraman bedengan.
- Cara ke-2 : Setiap 1 gembor {volume|quantity} 10 liter air diberi 1 sendok peres makan SUPERNASA untuk menyiram 5-10 meter bedengan, biarkan selama 5-7 hari.

4. Proses pemilihan Bibit dari Bawang Merah

- Ukuran untuk umbi benih  bawang merah yang bagus adalah 3 sampai 4 gram / umbi.
- Umbi benih bawang merah yang bagus adalah yang telah disimpan 2 atau 3} bulan dan umbi masih dalam masih ada daunnya.
- Umbi benih bawang merah yang akan kita tanam harus sehat, ditandai dengan bentuk umbi bulat tidak keropos, kulit umbi bawang merah bagus dan tidak ada yang terkelupas

B. Masa waktu siap tanam

- gunakan jarak tanam musim untuk musim kemarau, 15 x 15 cm, pilih  varietas unggul  untuk musim ini. Andac bisa memilih varietas  Ilocos, Tadayung bisa juga bangkok.
- Pada musim hujan maka gunakan jarak tanam 20 x 15 cm varietas yang cocok adalah Tiron
Anda menanam usahakan seluruh bagian umbi benih bawang merah yang sudah siap tanam bisa dibenamkan ke dalam permukaan tanah. Setiap lubangnya maksimal ditanam satu buah umbi bibit bawang merah.


C. PENGAMATAN  PERTUMBUHAN BAWANG ​​​​​​​MERAH DARO 0 SAMPA 10 HARI SETELAH TANAM

1. Periksalah Hama yang muncul
Anda harus mewaspadai hama Ulat Bawang  yang dalam bahasa latin nya Spodoptera Exigua, Biasanya telur diletakkan di pangkal dan bagian ujung daun bawang merah secara berkelompok biasanya sekitar  80 butir. Telur  biasanya dapat kita amati dari bentuknya seperti dilapisi benang - benang putih semacam kapas.

Kelompok telur yang kita dapati pada daun daun bawang maka anda harus ambil dan dimusnahkan. Ulat grayak atau Spodoptera Exigua biasanya juga menyerang, ciri ciri ulat grayak terdapat garis hitam di perut atau kalung hitam di bagian leher, bisa anda semprotkan  PENTANA atau PESTONA untuk mengendalikan nya.

Ulat tanah yang berwarna coklat-hitam juga perlu kita waspadi. Menyerang pucuk atau titik tumbuhnya bawang merah juga tangkai kelihatan rebah karena dipotong pangkalnya sama hama ulat tanah. Mereka meyerang pada waktu senja  dan malam hari. Maka dari itu jaga kebersihan dari sisa - sisa tanaman atau rerumputan yang biasanya jadi sarang ulat. Anda bisa melakukan penyemprotan dengan PESTONA atau PENTANA.

Penyakit bawang merah yang wajib kita waspadai pada awal awal pertumbuhan bawang merah yaitu penyakit layu Fusarium. Gejala serangan pada penyakit ini adalah  menguningnya daun bawang, kemudian setelah itu tanaman layu dengan cepat kalau dalam bahasa jawa biasa disebut penyakit Mboler.

Tanaman bawang merah yang sudah terserang maka harus dicabut lalu dibuang atau bisa juga dibakar pada tempat yang jauh. Tindakan pencegahan yang bisa anda lakukan adalah berikan Natural GLIO sebelum tanam dan semprotkan  CORRIN sesudah masa  tanam.

2. Penyiangan serta Pembumbunan bawang
Penyiangan pada awal dilakukan saat umur 7-10 HST dan dilakukan pakai tangan atau alat konvensional untuk membuang gulma atau tumbuhan liar yang biasa dijadikan inang hama ulat bawang. Pada waktu proses penyiangan dilakukan lakukan juga pengambilan telur ulat bawang.
anda bisa baca di laman ini
Cara menanggulangi gulma

Tahap pendangiran, yaitu tanah di antara tanaman bawang didangir dan di bumbun supaya sistem perakaran bawang merah  senantiasa tertutup tanah. Selain itu bedengan yang sudah  longsor anda harus  rapikan kembali dengan memperkuat bagian tepi-tepi selokan gunakan lumpur dari dasar saluran

3. Pemupukan atau Pemelihaan susulan secara berkala
Dosis yang kita gunakan pada pemupukan bervariasi tergantung jenis dan keadaan tanah setempat. Jika kada Urea / ZA terlalu berlebihan maka mengakibatkan leher umbi bawang merah jadi tebal namun umbinya kecil - kecil, sebaliknya jika kurang kadar urea maka pertumbuhan tanaman bawang merah agag terhambat dan daunnya terlihat menguning pucat. Kekurangan KCI bisa menyebabkan ujung daun mengering dan umbinya juga hasilnya kecil.
Pemupukan harus dilakukan 2 kali  atau 2 tahap dengan dosis tiap 1000m2
- Setelah mencapai 2 minggu : berikan 5-9kg Urea dan 10-20kg ZA serta 10-14kg KCI
- Setelah mencapai minggu ke empat: 3 – 7 kg Urea dengan 7-15kg ZA juga 12 – 17 kg KCI, akan lebih bagus jika ditambah dengan POWER NUTRITION.
Campur merata ketiga pupuk tersebut dan silakan gunakan pada sekitar rumpun atau garitan dari tanaman bawang merah. Pada saat pemberian pupuk ingat jangan terkena tanaman bawang agar daun tidak terbakar dan rusak pertumbuhannya.

Jika anda menggunakan Pupuk Majemuk NPK berikan dosis kira kira 20 kg / 1000 meter persegi diberikan pada saat umur tanaman bawang merah kira kira 2 minggu.

4. Proses Pengairan

- Masa awal pertumbuhan tanaman bawang merah dapat dilakukan penyiraman sebanyak dua kali  pagi dan juga sore hari. Penyiraman pada pagi hari diusahakan sepagi mungkin yaitu saat daun bawang masih kelihatan agag basah untuk mengurangi serangan penyakit. Penyiraman sore hari bisa dihentikan apa bila persentase tanaman tumbuh sudah mencapai lebih 90%.
- Air salinitas yang tinggi kurang baik untuk mendapatkan pertumbuhan optimal tanaman bawang merah.
- Tinggi permukaan air di saluran diupayakan dijaga pada kedalaman  20 cm dari permukaan bedenga.

D.MASA VEGETATIF DARI  BAWANG ​​​​​​​MERAH 11-35  HST

1. Pengamatan Terhadap Hama dan Penyakit

- Hama seperti Ulat Bawang, S.litura juga S.exigua Thrips, sudah mulai menyerang saat umur 30 HST sebab kelembaban di sekitar tanaman bawang merah cukup tinggi dan suhu rata-rata di atas normal. Daun Bawang Merah yang terserang hama ini warnanya putih berkilat warna perak. Serangan yang berat terjadi saat suhu udara di atas normal dengan kelembaban nya mencapai di atas 70%. Jika anda menemukan serangan, maka penyiraman tanaman bawang merah dilakukan pada siang hari, amati juga predator kumbang macan di sekitar tanaman bawang merah. Populasi yang melebihi ambang batas silakan dikendalikan dengan Natural BVR atau PESTONA.

- Penyakit Bercak ungu dan Trotol yang menyerang,
Hal ini disebabkan  oleh jamur Alternaria Porii , bagian yang di serang umbi bawang merah atau percikan air. Gejala serangan adalah ditandai dengan bintik lingkaran konsentris berwarna ungu keputih-kelabu an pada daun bawang dan juga pada  tepi daun bawang menguning serta mengering bagian ujung-ujungnya. Serangan pada umbi bawang merah saat masa panen menyebabkan umbi bawang merah busuk dan berair  warna kuning ke-merah kecoklatan. Jika terjadi hujan rintik - rintik segera dilakukan penyiraman tanaman bawang merah. Preventif dengan penebaran Natural GLIO dan semprot CORRIN.

- Penyakit yang lain adalah Antraknose, penyebabnya jamur Colletotrium Gloesporiodes. Gejala serangan adalah ditandai terbentuknya bercak bercak putih pada daun, selnjutnya terbentuk lekukan jadi menyebabkan patahnya daun secara serentak. Jika muncul gejala yang demikian, maka tanaman yang terserang segera dicabut dibakar dan dimusnahkan. Untuk jamur berada di dalam tanah bisa dikendalikan dengan Natural GLIO dan juga semprot CORRIN

- Penyakit yang disebabkan oleh Virus, Gejalanya pertumbuhan kerdil, daun jadi menguning, melengkung ke segala arah ,terkulai serta anakannya hanya sedikit. Pilihlah benih yang bebas virus dan adakan penggiliran tanaman selain golongan dari bawang-bawangan.

- Penyakit Busuk umbi bawang merah yang disebabkan baktreri. Umbi bawang merah terjangkit bakteri jadi busuk dan berbau tak enak. Biasa menyerang setelah masa panen, Usahakan pilih penyimpanan yang kering.

- Penyakit Busuk umbi bawang merah pada leher batang karena jamur. Bagian yang terserang akan lunak, melekuk serta akan berwarna kelabu. Jagalah tanah sehingga tidak terlalu becek. Untuk pencegahan dari hama dan penyakit maka anda perlu mengadakan pergiliran tanaman dengan jenis tanaman lain. PESTISIDA Kimia bisa digunakan sebagai solusi terkhir untuk mengendalikan serangan hama-penyakit.

2. Proses Pengelolaan Tanaman Bawang Merah
- Penyiangan yang kedua dapat dilakukan pada umur 5 HTS dilanjutkan dengan pendangiran, pembumbunan juga perbaikan bandengan yang rusak.

- Semprot dengan POC NASA dengan dosis 4 atau 5 tutup botol / tangki. Lakukan setiap 7 - 10 hari sekali mulailah dari setelah 7 hari hingga hari ke 50 sampai 55 hari.  Mulai hari ke 35 berikan penyemprotan yang anda beri tambahan HORMONIK dengan dosis 1 - 2 tutup botol / tangki yang dicampur dengan POC NASA atau pakailah GREENSTAR dosis 1 sachet tiap tangki.

- Pemberian Pengairan, penyiraman dilakukan 1 kali setiap hari . lakukan pada pagi hari, jika ada serangan Thrips dan hujan rintik - rintik lakukan penyiraman pada siang hari.

E.MASA PEMBENTUKAN UMBI BAWANG MERAH SEKITAR 36-50 HST

Pada Masa ini seperti hal nya pada fase Vegetatif, yang perlu diperhatikan yaitu pengairannya. Karena fase atau tahap ini bawang merah membutuhkan air yang banyak pada musim kemarau sehingga wajib dilakukan penyiraman sehari dua kali yaitu pagi juga sore hari.

F. TAHAP PEMATANGAN UMBI BAWANG MERAH USIA 51-65 HST

Pada fase ini tanaman ini tidak membutuhkan begitu banyak air sehingga penyiraman boleh juga dilakukan sehari sekali yaitu pada sore hari.

G. PANEN RAYA TELAH TIBA

Jika daun bawang merah sudah banyak yang rebah, Panen sudah bisa dilakukan. Bisa panen  pada pagi hari yang cerah dan tanah tidak lalu tebecek. Panduan lengkap budidaya jenis ini bisa anda pelajari di artikel yang satu ini.

PEDOMAN BUDIDAYA BAWANG MERAH DENGAN NASA SUKSES TANI
Lakukan langkah langkah dengan benar tentang budidaya tanaman ini agar hasil budidaya mu menjadi komoditas unggulan dan anda pun bisa sukses.

10. budidaya bawang merah di pegunungan

Bawang merah bisa juga tumbuh dengan baik pada daerah berhawa sejuk atau pegunungan. Suhu udara di pegunungan juga boleh dikatakan masih bisa untuk budidaya bawang merah di pegunungan. Pada kondisi ini  bahkan pembentukan umbi jalan dengan baik. Di Wilayah Indonesia, suhu yang cocok dalam bertanam bawang merah pada ketinggian mdpl.

Bawang merah membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak, sampai kira kira 10 jam / hari. Apabila bawang merah tumbuh terlindungi, kurang cahaya matahari, produksinya akan rendah, daya simpannya tak bisa lama, serta terasa tawar tidak pedas begitu.

Tanah yang cocok untuk perkembangan budidaya bawang merah di pegunungan adalah tanah yang gembur, subur, dan banyak kandungan humus. bawang merah benci terhadap tanah yang becek, namun pada tanah yang kering juga tak bisa. tanah yang cocok yaitu mudah mengalirkan air yaitu  yaitu tanah yang drainasenya baik.

Tanaman bawang merah amat juga butuh cukup air, tetapi jika air melimpah dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan bawang tersebut atau kerdil, pembentukan umbi juga jadi sukar, bahkan  kadang tidak ada umbi.

Beberapa tahapan tahapan dalam menanaman bawang merah sama halnya seperti cara budidaya bawang putih dan bawang bombay. Yang penting anda bisa memilih waktu tanam, menentukan  mana bibit yang bagus, mengolah tanah yang baik, tehnik menanam dan pemeliharaan tanaman juga wajib anda pelajari.

Selengkapnya atau detil langkah langkahnya silakan ikuti pedoman budidaya bawang merah di pegunungan artikel link dibawah ini.

LANGKAH LANGKAH BUDIDAYA BAWANG MERAH DI PEGUNUNGAN

Di artikel itu sudah saya berikan gambaran dan langkah langkah yang harus anda lakukan, rajin belajar dan teliti dalam melakukan budidaya ini.

Lengkap sudah artikel kita pada kesempatan kali ini. Semoga kehadiran artikel tentang 10 cara top budidaya bawang merah hasil melimpah dapat memberikan inspirasi untuk anda semua. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di blog kami, baca baca juga artikel menarik lainya.

PILIH VIDEO TUTORIALNYA
1. MENANAM BAWANG MERAH DENGAN POLYBAG

2. BUDIDAYA BAWANG MERAH HIDROPONIK

3. BUDIDAYA BAWANG MERAH DENGAN NASA

4. BUDIDAYA BAWANG MERAH DATARAN TINGGI

5. BUDIDAYA BAWANG MERAH DATARAN TINGGI

6. BUDIDAYA BAWANG MERAH DATARAN DENGAN BIJI



LihatTutupKomentar