-->

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif Dan Efisien


Harga dan nilai jual yang tinggi menjadikan bawang merah menjadi komoditas yang digemari masyarakat. Permintaan yang tinggi akan kebutuhan bawang merah baik itu untuk kebutuhan dapur maupun kebutuhan industri menjadikan bawang merah menjadi mahal. Sempit-nya lahan perkotaan dan keterbatasan lahan melahirkan banyak inovasi, salah satunya adalah Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot.

Cara Menanam Bawang Merah Dengan Pot
Selain penggunaan Pot sebagai media tanam bersama dengan tanah liat, pengembangan budidaya model ini juga bernilai estetis bahkan boleh juga digunakan sebagai hiasan di halaman depan rumah seperti layaknya bunga hias. 

APA KHASIAT BAWANG MERAH BAGI KITA?

Fungsi bawang adalah sebagai penyedap dan penguat rasa makanan, so hampir semua jenis makanan agar sedap dan rasanya gurih pasti di dalam nya ada peranan dari bawang merah tersebut. Aroma dan rasa yang menyengat sebagai penguat rasa.
Jika pada umumnya tanaman bawang merah itu di-budidaya-kan di sawah atau kebun. Cara menanam yang demikian atau bisa dikatakan ditanam pada tanah langsung sudah biasa dilakukan petani. ini juga dinamakan pertanian konvensional yang masih mengandalkan lahan yang luas.

Namun berbeda dengan cara tanam tanaman bawang merah yang akan kita bahas hari ini. Cara budidaya bawang merah di Pot adalah salah satu model pertanian modern yang bisa diterapkan siapa saja meskipun tidak punya lahan pertanian kita masih bisa menanamnya di pelataran halaman rumah kita. Pasti akan menarik untuk dicoba, secara gitu kita menanam untuk mendapatkan nilai jual namun sekaligus sebagai hiasan halaman yang oke. 

Hobi menanam tanaman bawang merah tak harus menggunakan lahan luas kan? gunakan inovasi ini agar kamu kamu bisa swasembada bawang, sayuran dan lain lainnya. Bagi anda anda yang tinggal di kota pasti kan tidak punya lahan pertanian, kita harus mengeluarkan uang yang tak sedikit jika kita mengandalkan belanja kebutuhan bumbu terus menerus. Dengan punya sendiri tanaman bawang merah kita bisa banyak menghemat pengeluaran kita.

Apalagi cara menanam bawang merah di pot ini tergolong sangat mudah dan tidak perlu menggunakan banyak teknik dan pengalaman bertani, anda yang biasa biasa saja bukan petani namun juga bisa menikmati hasil dari apa yang anda tanam.

Cara menanam nya itu mudah dan pasti menguntungkan. Bisa dibilang Cara merawat bawang merah dengan pot tidak sulit atau memang mudah dilakukan. Tapi dengan catatan kamu harus menanam dengan kondisi iklim yang cocok, media tanam juga harus subur, dan juga dirawat dengan baik,  dengan begitu maka bawang merah akan tumbuh subur serta  bisa menghasilkan umbi melimpah.

Menanam bawang merah, baik di pot ataupun pada lahan sawah, sungguh sangat menguntungkan. Karena, selain  untuk konsumsi sendiri hasil panen bawang merah, pasar juga bisa menampungnya dengan harga yang bagus. Namun, agar dapat bisa  dikomersialkan dan bisa mendapatkan laba yang tinggi, Anda pastinya harus menanam bawang merah dengan skala lahan luas, bisa di sawah atau di kebun. 

Jika anda menggunakan ini untuk budidaya bawang merah , akan tetapi kamu mesti butuh banyak pot agar dapat menanam bawang merah dalam skala yang besar. Menanam bawang merah pada pot memang jika dibanding jika menanam bawang merah pada lahan sawah atau kebun relatif sama. Meskipun demikian, namun perlakuan nya tidaklah sama. Untuk itu, Anda harus paham cara menanam bawang merah pada pot agar tumbuh dengan subur dan produktivitas nya baik.

CARA BUDIDAYA BAWANG MERAH DI POT


Apa saja yang wajib anda siapkan untuk menanam bawang merah dengan pot? Hal yang pasti, Anda perlu mengolah dan menyiapkan  media tanam yang baik. Berikut 7 cara budidaya bawang merah di pot  berdasarkan hasil penelitian dan pengkajian dari penyuluh bidang pertanian dan bagaimana cara pemeliharaan dan  pepupukannya. 

1. Sediakan pot yang kuat dan cukup besar 

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Cara menanam bawang merah dengan pot kita awali dengan mempersiapkan wadah tanam, yaitu pot. Pot yang kita gunakan boleh menggunakan pot lama atau jika anda tidak punya belilah pot baru. Yang penting pot yang akan kita gunakan sebagai wadah itu kuat dan ukurannya harus cukup besar. Anda juga bisa menggunakan polybag sebagai pengganti pot namun ada kelemahan. Cara menanam bawang merah dengan polybag itu biasanya wadah yang digunakan sekali pakai. artinya habis panen sudah rusak polybag nya atau polybag kecil buat menanam bawang merah. 
Sekali lagi saya katakan, pot harus gede dapat dimuati banyak benih umbi bawang merah dan hal itu selain akan memudahkan juga menghemat waktu dalam proses merawatnya. ada berbagai jenis pot untuk menanam bawang merah anda bisa membaca di

Baca juga 6 Jenis Pot Yang digunakan Untuk Menanam Bawang Merah

2. Penyiapan media tanam yang subur

Bahan Media Tanam yang bagus

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Jika anda ingin berhasil budidaya bawang merah di pot maka anda perlu tahu, kunci suksesnya ada pada media tanam. Oleh karena itu, Anda harus benar dalam mengolah media tanam . Pilih media tanam yang gembur, subur, juga punya daya serap yang bagus agar air tuntas namun juga tidak mudah kering. 

Bahan media tanam bawang merah dengan pot itu apa? Nih saya kasih contohnya, misalkan kalian membuat campuran dari tanah, pupuk kandang, dan arang sekam, kamu bisa menggunakan campuran tersebut dengan perbandingannya 1:1:1, itu sudah cukup untuk membuat komposisi media tanam yang good. 

Cara membuat Media tanam tanaman bawang merah di pot

Campurkan bahan bahan di atas seperti tanah, pupuk kandang dan arang sekam tambahkan pula dengan pupuk dasar anda bisa menambahkan pupuk NPK 16:16:16 masing masing  2,5 gram/ pot. Tujuan-nya untuk membangkitkan kesuburan media tanam. Pupuk ini dilembutkan boleh itu lebih bagus tapi jika tidak juga nanti kalau sudah beberapa hari juga tercampur sempurna pada media tanam. Langkah berikutnya,silakan masukan media tanam ke dalam pot. Jangan sampai penuh kasihlah ruang sedikit bagian atas-nya. Isi 3/4 saja dari ketinggian pot
9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Tunggulah sampai media tanam yang sudah dimasukan dalam pot tersebut menjadi campuran yang sudah ideal, sekitar 2 minggu.  Tujuannya adalah supaya media tanam dalam pot sudah menyatu dengan pupuk NPK larut. Ini nanti yang menjadi nutrisi bagi pertumbuhan awal bawang merah waktu ditanam. 

3. Sediakan benih  bawang merah 

Benih bawang merah penting sebagai bagian dari langkah cara budidaya bawang merah di pot ketika panen. Benih bawang merah yang baik sangat menentukan pertumbuhan dan juga hasil panen bawang merah. Penggunaan benih dari sisa bumbu dapur tidak dianjurkan karena, itu kurang bagus lama tumbuhnya. 
9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif


Oleh karena itu, silakan sediakan bibit bawang merah yang khusus untuk budidaya dengan kriteria antara lain
1. Daya tumbuh tinggi. 
2. Varietas bibit bawang merah murni. Pastikan tidak bercampur dengan jenis bawang lainnya. 
3. Benih umbi bawang merah harus sehat atau bebas  hama atau penyakit. 
Nah, untuk mendapatkan bibit bawang merah seperti di atas, Anda bisa beli di toko sarana pertanian. Anda bisa juga membeli bibit bawang merah dari penjual  bibit atau ambil dari petani yang khusus membuat penangkaran bibit / benih bawang merah. 

4. Potong bibit bawang merah supaya cepat tumbuh 

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Sebelum anda menanam bawang merah itu ke dalam pot, potong bibit bawang merah nya terlebih dahulu. Untuk apa? Ini tentu saja agar pertumbuhan bibit bawang merah lebih cepat. Pemotongan atau pemangkasan bibit umbi bawang merah dilakukan dengan pis4u tajam dan bersih. Potong sedikit pada bagian ujung umbi nya, kira-kira 1/3 saja. 

5. Tahap penanaman bawang merah ke dalam pot. 

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Silakan anda benamkan pada media tanam pangkal umbi bawang merah kira 2/3 bagian benih saja. Sedangkan 1/3 bagian biarkan di atas permukaan tanah. jangan anda benamkan semua, hal ini bertujuan agar  memudahkan pertumbuhan tunas bawang merah dan menghindarkan dari pembusukan benih. jangan lupa silakan anda atur jarak tanam dari bawang merah, jangan terlalu  berdekatan. berikan jarak 10 cm atau kurang sedikit. 

6. Letak-kan pot bawang merah pada tempat yang terkena cahaya  matahari 

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh semua tanaman termasuk bawang merah , cukup nya cahaya matahari akan membuat bawang merah tumbuh dengan subur dan anakan umbi banyak dan bagus. Oleh sebab itu, penempatan pot di tempat terbuka dan mendapat cahaya matahari sepanjang hari akan semakin baik.

7. Atur penyiraman secara berkala

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Meskipun bawang merah tidak terlalu suka dengan air yang banyak namun juga tidak bisa hidup kalau kering, siram aja secukupnya yang penting teratur, misalkan setiap pagi atau sore saja.. Karena media dalam pot cepat mudah  kering jika dibandingkan  yang ditanam pada tanah secara langsung maka dari itu atur secara berkala dan teratur. Silakan anda disiram secara teratur 1-2 kali setiap hari. Tapi ingat menyiram juga melihat cuaca, cuaca sering hujan ya jangan disiram nanti ujung ujungnya jadi busuk.

8. Pemberian pupuk susulan agar bawang merah semakin produktif

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Pemupukan penting dilakukan untuk menambah kesuburan dan meningkatkan produktivitas hasil. Berikan pupuk agar supaya bawang merah tumbuh dengan subur dan produksi umbi anakan nya banyak dan bagus.

Bahan yang dibutuhkan untuk pemupukan susulan

Pemberian pupuk susulan pertama diberikan ketika usia 10 hari setelah tanam (HST). berikan pupuk NPK 16:16:16 dengan dicampur air kemudian disiramkan. 

Cara meramu pupuk susulan pada budidaya tanaman ini.

Caranya, campur 50 gram NPK dengan 10 liter air, kemudian siram bawang merah secara merata dan secukupnya saja. Pupuk susulan II diberikan pada HST. Aplikasi pupuk NPK dengan cara penyiraman. Caranya, Aduk pupuk NPK sebanyak 75gram dengan 10 liter air. Siram bawang merah secara merata dan secukupnya saja. 

Pemupukan harus anda lakukan pada waktu sore hari. tujuannya agar menghindari terserap dengan baik dan tidak menyebabkan kerusakan tanaman bawang merah. Contohnya terbakar daun, suhu udara panas jika diberi pupuk pada pagi maka akan merusak. 

9. Masa Panen Bawang Merah

9 Cara Budidaya Bawang Merah Di Pot Yang paling Efektif

Bawang merah memiliki rentang waktu pemeliharaan 60 hari terhitung hari setelah tanam (HST). Itu sudah bisa di panen, namun dengan catatan jika akan digunakan sebagai bibit maka pilihlah beberapa yang akan anda budidayakan lagi dengan membiarkan bawang merah berumur lebih dari 90 hari. Lalu keringkan dan siap digunakan untuk bibit. Pilih yang ukurannya bagus bentuk bagus warna bagus dan tidak cacat dan tidak berpenyakit.
Silakan anda panen bawang merah dalam pot setelah kira kira berumur 60 hari

PENUTUP

Demikan 9 cara budidaya bawang merah di pot. Supaya hasilnya memuaskan, silakan anda lalukan perawatan dan pemberian pupuk dengan baik dan teratur.juga bersihkan rumput gulma yang tumbuh atasi hama dan penyakit.
Baca sebagai referensi
cara mengatasi penyakit bawang merah

LIHAT TUTORIALNYA

LihatTutupKomentar