-->

6 POT BUDIDAYA BAWANG MERAH BERBAGAI MACAM

6 POT BUDIDAYA  BAWANG MERAH BERBAGAI MACAM


Bagi sebagian orang, aktifitas berkebun menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Kita bisa mengamati tanaman yang kita tanam atau kita budidayakan yang hijau dan subur sekedar untuk menghilangan stres. Untuk  menanam tanaman budidaya seperti bawang merah dan putih, cabai, tomat dan lain lain bagi yang tak punya lahan yang luas maka bisa menggunakan pot. Namun pot mana yang cocok untuk Pot budidaya bawah merah. Berikut 6 jenis pot untuk budidaya bawang merah.
6 POT BUDIDAYA  BAWANG MERAH BERBAGAI MACAM


 Ada pepatah yang dari dulu kita sering mendengarnya, tak ada rotan ya akar juga boleh. Itu seperti juga bagi seseorang yang menggemari kegiatan bertani namun tak punya lahan. Jangan kawatir sesuai pepatah tadi meskipun anda tak punya lahan anda bisa menggunakan wadah lain bisa polybag atau pot atau bahkan anda bisa menanam tanaman bawang merah, cabai atau tomat dan lainnya pada media dan wadah boto plastik.

Penggunaan pot sangat praktis dan hemat tempat dan tak harus punya ladang atau sawah. Taruh di depan rumah dibawah cahaya matahari selesai sudah,. Anda dapat memiliki tanaman bawang merah dan lainnya meski tak punya lahan anda tetap bisa menanam bawang merah ini namanya petani cerdas.

dengan memilih pot ukuran yang memadahi maka bibit bawang merah akan berkembang tumbuh secara baik, pupuk pun akan lebih terkonsentrasi. Penanaman bawang merah di pot sebenarnya relatif sama dengan cara menanam bawang merah di sawah. 

Menanam bawang merah yang dimasukan di pot lebih mudah dalam memelihara dan menjaga dari gulma. Keunggulan pot adalah  mudah ditata sekaligus menjadi penghias halaman rumah. Kamu tahu kalau tanaman sedang hijau hijau nya wah halaman kita bisa tampak asri  dan mantap.
POT itu dibagi kedalam 6 jenis atau varian.

Pot dari bahan Plastik
Pot dari bahan Gerabah
Pot dari bahan Keramik
Pot yang terbuat dari Porselen
Pot berbahan dasar Logam
Pot buatan dari Semen

Perbedaan bahan pot relatif  bukan menjadi  pembeda bagi pertumbuhan tanaman namun yang membedakan adalah harga-nya. Pemilihan pot tergantung dari nominal harga dan tingkat estetika. Jadi bagi anda anda yang mementingkan budidaya maka anda bisa memilih pot plastik, jika anda ingin agar selain untuk budidaya juga untuk hiasan halaman maka bisa memilih pot semen, pot logam dan lain lain. Semakin mahal maka juga semakin awet.

1. Pot  dari bahan Plastik


Varian pot ini relatif murah harganya, juga mudah ditemukan di pasaran. Bahan plastik juga  ringan sehingga praktis dan mudah dipindahkan. Bagian dasar POT sudah ada lubangnya berguna menjaga drainase air.  POT plastik yang warna hitam ialah warna pot yang relatif murah dibandingkan POT platik berwarna. Pot-pot plastik juga menarik dipandang mata jika diatur atau ditata dengan baik. Cukup representatif ditaruh dihalaman depan sebagai pot tanaman hias juga tanaman budidaya. sangat ringan, liat, cukup kuat menjadi pilihan aman bagi anak-anak.
POT plastik

silakan anda bandingkan terhadap pot keramik. Jika tertabrak anak-anak ketika  main sepeda di halaman maka pecah berantakan. Pecahan dan bisa mencederai mereka.

Lagi pula POT keramik harganya tidak semurah POT Plastik, bobotnya lebih ringan pot plastik, sehingga menyulitkan Anda dalam membawanya ke rumah jika  Anda membeli dari penjual.
Di pasaran ada berbagai macam ukuran pot plastik. Biasanya dibedakan berdasarkan ukuran  mulut pot. Sayangnya tidak terdapat ukuran standard, sehingga anda pasti menemukan banyak sekali ukuran diameter pot.

Memilih Ukuran Pot Plastik

Pemilihan: besar kecilnya pot itu disesuaikan dengan ukuran tanaman. Pada tabulampot seperti mangga, aneka jeruk-jerukan, sawo, kelengkeng dll maka bisa untuk ditanam dengan pot ukuran diameter 40 – 50 cm. Makin besar pot  tentu saja semakin bagus bagi tanaman, ruang dang media yang dapat ditampung juga banyak sehingga kebutuhan nutrisi tanaman semacam bawang merah akan tercukupi.. Karena perakaran tanaman akan lebih  bisa leluasa menembus tanah atau media tanam juga memberi dukungan pada pertumbuhan tanaman akan lebih Oke. POT yang digunakan untuk tabulampot maksimal ukuran 50 cm.

Keuntungan pot plastik

Keuntungan pot plastik adalah kemudahan mobilitas pot dan tidak  memakan banyak ruang. Jika lahan yang tersedia tidak mencukupi, Anda dapat menaman lebih banyak tanaman. Semakin besar pot maka semakin berat  upaya anda untuk memindahkannya. Pot plastik ukuran 50 cm masih bisa diangkat dan dipindahkan meskipun seorang diri. Sedangkan pot berukuran 60 cm bahkan lebih umumnya  terlalu berat bila digeser sendiri,  dibantu orang lain untuk memindahkannya.

Tabulampot tanaman perdu yang berukuran kecil misal cherry, dapt menggunakan pot diameter lebih kecil atau sekitar 30 sampai 40 cm.Pot yang digunakan untuk menanam sayur-sayuran daun seperti bawang merah, sawi caisim, cabe merah, cabe rawit dsb lebih baik menggunakan pot ukuran 25 cm.
Sedangkan jika ingin menanam sayuran cabut seperti bayam, kangkung, dan sejenisnya maka sebaiknya gpilih pot ceper (pendek) dengan diameter besar kira kira  40 cm atau lebih. Hal tersebut bertujuan agar dapat menampung banyak tanaman. 

Ketebalan media tanam pada pot ceper cukup memungkinkan bagi pertumbuhan sayuran cabut. Mengingat sayuran seperti ini bisa ditanam dengan kedalaman media tanam sekitar 15 cm saja. Jika memilih pot normal maka akan memboroskan penggunaan media tanam.

Jenis pot bahan Plastik

Kelebihan pot jenis ini

  • Punya model yang banyak, warna dan ukuran
  • Harga sangat murah
  • mobilitas oke, mudah dipindah
kekurangan pot jenis ini

  • Tidak punya pori /  aerasi udara tidak ada

2. Pot Dari Gerabah

Pot   ini dibuat dari tanah liat yang dibakar kemudian menjadi gerabah atau tembikar. Dindingnya ada pori-pori nya, sehingga aerasi udaranya akan  sangat baik. Kelebihan lain, pot gerabah ringan dan harganya tidak mahal.
POT gerabah

Kekurangannya pot jenis ini sangat rentan pecah jika terhantam sesuatu atau terjatuh.. Selain itu, penampilannya yang kurang menarik karena berwarna coklat agak kemerah merahan.
Tanaman yang paling sering diletakan atau ditanam pada pot gerabah adalah anggrek. Sebab dinding pot gerabah berpori-pori sehingga penempatan tanaman anggrek pada pot gerabah sangat mendukung. Akar anggrek bisa bernafas leluasa. Seperti diketahui bahwa tanaman anggrek termasuk jenis tanaman epifit yang hidup dengan menumpang pada tanaman lain namun tidak merugikan tanaman inangnya karena akar tanaman anggrek mampu menyerap nitrogen danjuga  menangkap uap air dari udara.

Jenis pot bahan Gerabah

Kelebihan pot jenis ini

  • Aerasi udara sangat baik
  • Harga juga murah
  • Ringan dibawa dan dipindahkan
kekurangan pot jenis ini

  • Rentan sekali pecah
  • Penampilan kurang sedap

3. Pot berbahan Keramik

Pot ini bahan-nya sama dengan pot gerabah yakni tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi. Beda nya adalah pada akhir proses pembuatannya  Pot  keramik ditambahi lapisan  pelitur atau  bisa juga cat sehingga  pori-porinya banyak yang tertutup. 

pot berbahan keramik

Namunbegitu  tetap memiliki aerasi yang cukup baik. Meski begitu pot keramik  memiliki kelemahan yaitu mudah pecah. Pot keramik terdapat banyak ukuran dan model, ada yang polos sampai yang bercorak. Pot keramik memiliki manfaat untuk memperindah dekorasi dalam ruangan contohnya Hotel, Apartemen,  ruangan perkantoran,dengan memberikan kesan yang mewah.

Kelebihan dan Kekurangan pot bahan Keramik

Kelebihan pot jenis ini

  • Aerasi cukup bagus
  • Model dan ukurannya bervariasi
  • Penampilan cukup mewah
Kekurangan pot jenis ini

  • Mudah pecah
  • Harga relatif lebih mahal
  • Lebih berat

 4.  Pot  Berbahan Porselen

Jenis pot berikutnya adalah pot berbahan porselen, atau biasa disebut kaolin yang dalam proses pembuatannya dengan cara pembakaran dengan suhu tinggi sehingga menghasilkan keramik porselen dengan mutu yang sangat baik.

pot berbahan porselen

Pot porselen harganya biasanya lebih mahal. Tidak mudah dipindahkan, karena berat.  beda dengan pot plastik yang lebih fleksibel, ukuran pot berpengaruh terhadap harga pot. Model juga menjadi penentu seberapa tinggi harga-nya

Meski pot jenis ini tidak memiliki pori-pori sebagus pot keramik namun pot jenis ini merupakan jenis pot yang paling banyak dipilih oleh para kolektor karena penampilannya yang elegan mewah.. Bila Anda berkesempatan berkunjung ke pameran mungkin juga kontes tanaman hias, coba anda lihat pot-pot yang digunakan para tanaman juara kontes, sudah pasti pot porselen. Tidak mungkin dapat dipungkiri, daya tarik tanaman juga akan terangkat jika ditempatkan di pot tersebut. Demikian juga tanaman yang sudah punya pamor bagus-pun akan turun jika di tempatkan di pot yang biasa saja.

Jenis pot bahan Porselin

Kelebihan pot ini:

  • Model dan ukurannya bervariasi
  • Kalau dipandang Artistik
Kekurangan pot ini:

  • Aerasi udara kurang bagus
  • Barang Berat
  • Punya Harga mahal

5. Pot berbahan Logam

Pot ini biasanya diperuntukan untuk pakai  jenis tanaman keras. Bentuk pot ini misalkan adalah pot drum atau bisa juga  berbahan besi baja. Pot ini sebenarnya ialah jenis pot daur ulang yang memanfaatkan drum-drum bekas minyak atau oli. Tanaman yang biasanya memakai pot jenis ini ialah tanaman buah dan  disebut tabulampot atau tanaman buah dalam pot.  Selain karena kuat, pot ini cenderung tahan banting dan awet tentunya. Karena tanaman buah memiliki akar yang besar oleh karena itu pot jenis ini dianggap paling ideal.. Harga pot drum juga tergantung pada ukuran diameternya. variasi ukuran  ukuran pot jenis ini tidak bervariasi, hanya tersedia ukuran besar saja.
pot berbahan logam

Kelebihan dan Kekurangan pot bahan Logam

Kelebihan pot ini:

  • Tahan terhadap benturan lumayan tahan lam
kekurangan pot ini:
  • Aerasi udara kurang baik
  • Model dan ukuran yang tersedia terbatas
  • Berat, susah dipindah

6. Pot Dari Semen

Pot semen memiliki banyak bentuk modelnya.  Biasanya sudah dilengkapi ornament seperti pecahan kaca, kulit kerang bisa juga kerikil. Meskipun Dindingnya berpori tapi tidak sebaik jenis pot gerabah. mobilitasnya susah karena bobotnya berat.
Pot semen bisa jadi pilihan sebagai ornamen desain taman rumah minimalis. Pot dan pilar dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai warna batu alam. Harganya bervariasi dan masih termasuk terjangkau.
pot berbahan semen

Jenis pot untuk menanam bawah merah baiknya yang mana?
Hal itu tergantung dari tanaman itu sendiri dan juga tergantung selera Anda serta anggaran anda.
Berikut ini tabel yang menggambarkan sifat dan kelebihan dan kekurangan masing masing jenis pot

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Pot Bahan Semen

Kelebihan  :
        Tahan terhadap benturan

  • Lebih tahan lama (awet)
  • Penampilan menawan artistik
Kekurangan :

  • Aerasi udara kurang bagus
  • Berat jika dipindahkan
Demikian artikel tentang jenis pot budidaya bawang merah silakan anda pilih yang sesuai dengan anggaran anda dalam budidaya bawang merah.

VIDEO


LihatTutupKomentar