-->

Jenis Jenis Nanas Di Indonesia, Manfaat dan pembudidayaan

Jenis Jenis Nanas Di Indonesia Manfaat dan pembudidayaan

Setelah kita mengenal sejarah nanas dan asal usulnya  kali ini kita akan membahas Jenis Jenis Nanas Di Indonesia, Manfaat dan pembudidayaan. Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis  tumbuhan  tropis  yang  berasal  dari  Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk  dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).  Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang,  berujung tajam,  tersusun  dalarn bentuk  roset  mengelilingi  batanq  yang tebal.  Buahnya dal.am  bahasa Inggris disebut  sebagai pineapple karena   bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari   sebutan  orang Tupi untuk buah ini: anana,  yang bermakna "buah yang sangat baik".  Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan    penyerbuk    alamiah dari buah ini,  meskipun berbagai serangga   juga memiliki   peran  yang sama.

Jenis Jenis Nanas Di Indonesia

Buah nanas yang biasa   dijual bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya  terlihat  dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya    terqabunq-bersarna- sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk-menjadi    satu buah besar. Nanas yang dibudidayakan   orang sudah kehilangan  kemampuan memperbanyak  secara seksual, namun ia mengembangkan    tanaman muda (bagian mahkota buah) yang merupakan   sarana per-banyakan secara vegetatif.
Di  Indonesia, Provinsi  Lampung  merupakan   daerah penanaman nanas    utama,   dengan  beberapa  pabrik pengolahan  nanas juga terdapat di sana.   Berikut  ini adalah jenis-jenis nanas yang ada di Indonesia.

A. Nanas  Abacaxi

jenis Nanas  Abacaxi  Family Bromeliaceae

Gambar 2.1:   Nanas  Abacaxi  Family Bromeliaceae.

Nanas Abacaxi hanya dipelihara  di Brazil untuk  pasaran  lokal. Pada setiap  pinggiran  daunnya  berduri. Adapun berat  buahnya  sekitar  1,5 kg. Biasanya dagingnya berwarna kuning pucat. Adapun manfaat buah nanas Abacaxi ini sangat cocok untuk disajikan  sebagai  buah meja.

Nanas sangat  mudah ditanam dan dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Akan  tetapi,  pertumbuhan yang maksimal dapat terjadi  pada ketinggian   antara 100-700  m di  atas permukaan laut.  Jika ditanam di daerah kering,  tanahnya harus memiliki sistem pengairan   yang baik.

Kedalaman air tanahnya    tidak Lebih  dari 150 cm. Adapun suhu udara  rata-rata   sebaiknya  sekitar 30°  C. Keadaan   tanah harus ringan sehingga sedangkan   tekstur setengah berat atau liat, porous, dan memiliki humus  banyak.  Derajat  keasaman  yang sesuai untuk tanaman berkisar     antara 4,5 sampai dengan 5,5. Kesuburan  tanah tidak menjadi kendala    pertumbuhannya, asalkan kebutuhan zat hara nya apat  terpenuhi.


B.  Nanas  Bogor


nanas bogor

Gambar   2.2: Nanas bogor Family  Bromeiiaceae.

Sesuai dengan namanya, nanas bogor berasal dari Kota Bogor. Nanas bogor banyak ditanam di sekitar Gunung Salak, Nanas ini sering juga disebut nanas nambo karena jenis ini sangat terkenal di  Desa Nambo  yang terletak  di daerah sekitar Bogor. Buahnya kecil dengan berat 0,5-1 kg. Jika sudah matang, kulit buahnya berwarna kuning 'denqan    mata berlekuk dalam. Daging buahnya berwarna kekuningan, berserat halus, dan rasanya manis. Nanas bogor memiliki kandungan air sedikit sehingga teksturnya agak keras. Adapun manfaat buah nanas bogor ini sangat cocok untuk disajikan   sebagai buah meja.

Nanas sangat  mudah ditanam dan dapat tumbuh di  data ran rendah maupun tinggi. Akan  tetapi,  pertumbuhan yang maksimal dapat terjadi pada ketinggian antara 100-700 m di  atas permukaan laut dengan bulan basah banyak. Jika ditanam di  daerah kering, tanahnya harus memiliki  sistern pengairan   yang baik. Kedalaman  air tanahnya   tidak lebih dari 150 cm. Adapun suhu udara rata-rata sekitar 30° C. Tanah   harus ringan hingga sedang dengan tekstur setengah berat atau liat, porous,  dan berhumus  banyak.  Derajat  keasaman  yang sesuai untuk tanaman ini berkisar antara 4,5 sampai dengan 5,5. Kesuburan  tanah tidak menjadi kendala pertumbuhannya, asalkan kebutuhan zat haranya dapat terpenuhi.
Jenis Jenis Nanas Di Indonesia, Manfaat dan pembudidayaan

C. Nanas  Subang

nanas subang

Gambar 2.3:  Nanas  subang   Family  Bromeliaceae.

Nanas    subang     banyak   terdapat     di  sekitar    Kecamatan     Jalan Cagak,  Subang,    Jawa   Barat. Nanas  ini  diunggulkan    karena   buahnya berukuran besar.    Beratnya  rata-rata 3  kg per  buah.   Bahkan   ada buah yang beratnya mencaoai   5 kg.  Kulitnya bermata buah datar.  Walaupun buahnya sudah   mata   g,   warna    buahnya tetap  hijau.   Daging   buah berwarna   putih hingga 1          ninq  pucat,   berserat  kasar, dan berair.  Rasa daging buah kurang    rnanis   dan   agak asam. Adapun manfaat buah nanas subang ini  sangat coco    ntuk dikalengkan. 
Nanas sangat  mudah ditanam dan dapat tumbuh di  dataran rendah maupun tinggi. Akan  tetapi,  pertumbuhan yang maksimal dapat terjadi pada ketinggian antara 100-700  m di  atas permukaan Laut  dengan bulan basah banyak.  Jika ditanam di  daerah kering, tanahnya harus memiliki sistem pengairan   yang baik. Kedalaman air tanahnya   tidak lebih dari 150 cm. Adapun suhu udara rata-rata sekitar
30° C. Tanah   harus ringan hingga sedang dengan tekstur setengah berat atau liat, porous,  dan berhumus  banyak.  Derajat  keasaman  yang sesuai untuk tanaman ini berkisar antara 4,5 sampai dengan 5,5. Kesuburan  tanah tidak menjadi kendala pertumbuhannya, asalkan kebutuhan zat haranya   dapat terpenuhi.

D.  Nanas  Blitar


nanas blitar

Gambar  2.4:  Nanas blitar  Family  Brameliaceae.

Nanas  blitar   juga   disebut    nanas kediri. Hal  ini karena nanas    blitar ini     memang     banyak  dijumpai di  Blitar maupun Kediri di provinsi Jawa   Timur.  Nanas ini bukan hanya dikenal di daerah asalnya tetapi juga  telah  menyebar   sampai ke Jawa Tengah.  Ukurannya   memang kecil. beratnya hanya sekitar 1  kg. Akan  tetapi, nanas   ini   pantas    diunggulkan karena daging buahnya memiliki  rasa yang   enak   dan aroma yang harum. Daging buahnya berserat halus dan  berkadar  air sedikit. Jika telah matang, kulit buahnya berwarna kuning   tua dan bermata buah cekung ke  dalam.  Manfaat buah ini cocok disajikan sebagai buah meja ataupun dikalengkan.
Nanas   sangat  mudah ditanam    dan dapat  tumbuh  di   dataran rendah    maupun tinggi.  Akan tetapi,    pertumbuhan    yang optimum dapat   terjadi   pada ketinggian antara 100-700  m  di  atas permukaan laut.   Jika ditanam   di daerah kering,  tanahnya harus  memiliki  sistem pengairan    yang baik.   Kedalaman   air tanahnya tidak  lebih  dari  150 cm, sedangkan  suhu udara  rata-rata sekitar 30°  C. Tanah   harus   ringan   , hingga sedang dengan   tekstur setengah berat atau   liaf  porous,  dan berhumus    banyak.    Derajat keasaman yang sesuai    untuk  tanaman ini  berkisar    antara  4,5 - 5,5.   Kesuburan   tanah tidak menjadi kendala pertumbuhannya,  asalkan kebutuhan zat haranya terpenuhi.

E.  Nanas  Palembang

nanas palembang

Gambar 2.5:   Nanas palembang   Family Bromeliaceae.

Nanas palembang memiliki   ciri-ciri  fisik   yang mirip   dengan nanas  bogor sehingga  ada yang mengatakan   bahwa  nanas  palembang merupakan   subvarietas dari nanas bogor. Nanas ini disebut nanas palembang  karena ditemukan di  Palembang.    Berat buahnya sekitar 1  kg  per buah. Jika sudah matang berwarna kuning, bermata   buah kecil,  dan berlekuk  dalam.  Daging buahnya manis  dan hampir  tan pa serat.  Kandungan   air buahnya sedikit serta teksturnya halus dan keras. Biasanya  disajikan sebagai buah meja.

F.   Pembudidayaan Nanas  secara  Umum

Sampai sekarang,  tanaman nanas  diperbanyak  dengan  anakan  yang keluar dari pangkal batang. Namun, terkadanq  diperbanyak  pula dengan sucker atau slips dan mahkotanya.    Batang dan mahkota bunga dapat dipotong  dan dibelah untuk dijadikan bibit. Antara anakan  (raton),  tunas batang  (sucker), dan mahkota  (crown) terdapat perbedaan  sifat fisiologis dalam umur berbunga dan produksinya.    Semakin ke  atas tanaman, semakin  panjang umurnya  dan produksinya  rendah. Akan tetapi, umur tanaman  berbunga tidak menjadi persoalan  karena pembungaan  tanaman nanas dapat diatur dengan  memberikan  zat tumbuh,   di antaranya   karbid dan ethrel 40 PGR. Anakan atau mahkota bunga yang   baru dipotong (dipisahkan)  dapat  ditanam  langsung,  tanpa disemaikan terlebih  dahulu. Akan tetapi, sebaiknya  dibiarkan  dahulu  selama  beberapa   hari sebelum ditanam. Hal ini dimaksudkan   agar lukanya tertutup sampai  berbentuk bongkahan   lebih  dulu sehingga cepat berakar .

Pembudidayaan Nanas di ladang

Gambar 2.6:   Kebun  nanas.

Jenis Jenis Nanas Di Indonesia, Manfaat dan pembudidayaan

Adapun  cara  membudidayakan   tanaman    adalah   nanas   ditanam dengan   sistem   dua-dua   baris,  Setiap   baris  berjarak   60 cm  x  60 cm dan jarak  antarbaris    150 cm. Nanas dapatjuga    ditanam   dengan  jarak antara   30 sampai  dengan  40 cm. Semakin rapatjarak   tanamnya,  buah yang  dihasilkan   semakin  keciL Untuk kebutuhan   industri   pengalengan (canning) biasanya   diperlukan   buah  berukuran   kecil  (jarak  tanam   30 cm  x 40 cm) silindris.

Dalam penanaman   nanas jenis  ini memerlukan pupuk kandang yang berjumlah 5-10  kg  per lubang  tanam.   Pupuk buatan  yang digunakan, yaitu  300 kg  urea, 600 kg  TSP,  dan 300 kg  KCl per hektar  per tahun.

1.   Pemeliharaan


Pemeliharaan   tanaman   nanas,  di antaranya   melakukan  pemupukan                 yang  berasal   dari pupuk  buatan   yang  diberikan   dua kali, yaitu   pada umur empat    minggu    dan   delapan minggu setelah     tanam.   Akan tetapi, pemberian    pupuk   urea  yang   berlebi.han    dapat    mendorong terjadinya   mahkota  ganda  (multiple   crown) dalam satu  buah sehingga menyebabkan    buah menjadi   kecil dan terbeatuk   buah   ganda   (satu tangkai   ada  banyak  buah  yang  berdempetan).

Pemeliharaan   selanjutnya   adalah  pembersihan   rumput  atau  gulma, terutama    alang-alang (Imperata    cylindrica   L.).  Adanya  gulma pada pertanaman    nanas   dapat   menurunkan    hasil  buah antara   20%-42%. Pembuatan   saluran-saluran   drainase  yang  baik sangat  dianjurkan  untuk mencegah  serangan  penyakit  busuk akar dan busuk hati  (titik tumbuh). Dalam  mengatur    panen, pembungaan     tanaman    nanas   dapat   diatur. Jika  tanaman    disemprot   dengan   ethrel  40 PGR dengan    dosis   70-200 ppm (1 ppm =  1  mg /liter    air) pada  titik  tumbuhnya,    pada  satu  bulan kemudian  tanaman   akan berbunga.  Sebagai  gantinya,   dapat  digunakan karbid 200-300  mg yang  dimasukkan   ke titik  tumbuh.

2.   Pemanfaatan Buah Nanas

Nanas banyak manfaatnya. Bahkan  beberapa bagian dari nar dapat digunakan  sebagai obat. Misalnya, buah dan daun. Buah  nar dapat digunakan  untuk pengobatan,   di antaranya  rasa penuh di lambui sembelit, radang tenggorok,  menurunkan berat badan, beri-beri, tersek bengkak terpukul, darah mudah menggumpal (blood coaqulatio: penyempitan   pembuluh   darah  (aterosklercsis):   menghamb perturnbuhan  tumor,  meningkatkan  penyerapan  (absorbsi)  obi terlambat haid, dan cacingan.

Adapun cara pemakaiannya untuk obat yang diminum adal buatlah jus dari 1/2-2  buah nanas ukuran sedang atau dapat ju diparut, lalu minum. Untuk  pemakaian obat luar, dengan mengupas buah nanas, lalu parut. Tempelkan hasil parutannya  pada bagian tubuh yang sakit, seperti membersihkan   jaringan mati (debridemer pada Luka bakar,  ketombe,    bisul, koreng,  dan radang  kulit (derrnatiti: Cara lain, Anda dapat  menumbuk daun nanas sampai halus, lalu balurkan pada Luka bakar,  bisul, dan gatal-gatal.

Nanas dapat digunakan juga  sebagai obat  cacingan. Carany kupas satu buah nanas muda, lalu cuci hingga bersih. Selanjutny bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutanny kemudian  minumkan   pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit. Adapun untuk obat keseleo  atau memar akibat terpukul, kupaslah buah nanas yang sudah masak, potong-potong, lalu dijus. Minumlah air hasil jus nanas tersebut.

Berikut ini obat  untuk radang tenggorokan, yaitu  kupas d1 buah nanas yang telah  masak, lalu cuci sampai bersih.  Poton] potong buah nanas tersebut,  lalu dijus atau diparut. Selanjutnya

Adapun obat  peradangan di kulit (dermatitis)  dan ketombe, yaitu sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas  kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum  tidur, keesokan  paqinya baru dicuci  bersih. Lakukan setiap hari, sedangkan untuk mengobati ketombe,  sediakan  1/4 buah nanas masak.  Kupas kulitnya,  lalu parut, peras, dan saring.  Tambahkan  air perasan 1 buah  jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok  kulit kepala yang berketombe.   Lakukan malam sebelum  tidur. Keesokan paginya  rambut dikeramas.   Lakukan  2-3  kali dalam seminggu. Anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan,  berikut ini salah satu cara yang dapat menolong   Anda. Kupaslah satu buah nanas yang tidak terlalu matang, lalu cuci sampai bersih.  Potong- potong nanas tersebut,  lalu dijus atau diparut:  Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya langsung diminum sekaligus. 
Minumlah  perasan tersebut sebanyak dua kali sehari. Begitu juga dengan sembelit. Sembelit dapat disembuhkan dengan cara mengupas tiga  buah nanas yang belum masak, lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya,   jus atau parut, diperas. Minum  air perasannya setelah makan, sehari 2  kali, masing-masing    cukup 1/2 gelas.

Kekurangan  vitamin B   dapat menyebabkan penyakit beri-beri. Dengan nanas, beri-beri dapat disembuhkan    dengan mengupas dua buah nanas yang sudah masak,  lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya, jus atau parut, kemudian   diperas. Minum  air perasannya sekaligus. Sebaiknya  jus diminum pagi atau siang hari setelah makan.

Jika anda atau orang orang di sekitar anda mengalami luka bakar gatal dan bisul dapat mencoba penyembuhan dengan mencuci nanas hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus. Balurkan hasilnya pada bagian yang sakit.

Nanas juga dapat mengurangi rasa penuh di lam bung gangguan pencernaan. Minumlah jus nanas tiga kali sehari masing-masing    3/4 gelas (150 cc). Minumlah jus tersebut  1/2 jam sebelum makan .

Catatan 

  1. Ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda .
  2. Buah nanas di dalam saluran cerna difermentasi menjadi alkohol yang dapat menimbulkan    kambuhnya    rematik Gout .
  3. Penderita kenci ng manis (diabetes  meLLitus)  dianjurkan untuk
  4. membatasi dalam mengonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi.


3.   Hama  dan Penyakit Nanas

Hama yang menyerang tanaman  nanas umumnya adalah kutu merah, kutu sisik (Diaspis  bromeliae kerner), kutu tepung atau kutu putih  (Dysmicoccus    breuipes),  binatang  kala seribu (Scutigerella immaculata newp), dan Nematoda pratylenchus yang menyebabkan terjadinya  bintik-bintik  pada akar. Tanaman yang terserang  kutu daunnya akan menjadi keriput dan pucat.

Kutu sisik yang menyerang akar nanas

Gambar 2. 7: Kutu sisik yang menyerang akar nanas.

jenis-jenis  Nanas  di Indonesia

Ada pun penyakit  yang berbahaya   adalah cendawan  Phytophthora cinnamomi   rand yang menyebabkan    busuk hati (titik tumbuh) dan busuk buah bakteri Erwinia  chrysanthemi. Pada pertanaman nanas yang drainasenya tidak baik atau  tergenang air, penyakit busuk akar cendawan Phytophthora parasitica  mengancam. Selain itu, ada penyakit virus yang menyebabkan daun nanas mengecil dan bergaris kuning yang disebut Emilia  sonchifolia (L.) DC.  Virus   ini disebarluaskan    oleh gurem  Thrips tabaci  Lind. Oleh karena  itu, dalam usaha tani komersial  yang berskala besar, hama dan penyakit perlu dicegah sebelum menyerang   tanaman. Hama-hama   tersebut dapat diatasi dengan semprotan insektisida Bayrusil  atau Kelthane   0,2%. Sementara penyakit cendawan dapat  diatasi  dengan semprotan fungisida   sistemik.
Jenis Jenis Nanas Di Indonesia, Manfaat dan pembudidayaan

4.    Panen

Buah nanas  harus dipanen  setelah  benar-benar  matang di pohon.  Tanda buah yang dapat   dipanen adalah mata pada permukaan kulitnya datar dan tampak jarang. Jika dipukul atau diketuk akan mengeluarkan   suara  menggema.   Buah nanas  yang mulai matang  buah akan mengeluarkan    aroma khas. Biasanya,   bulan-bulan panen besar jatuh pada Januari, Juli, dan Desember.

Demikian Jenis Jenis Nanas Di Indonesia, Manfaat dan pembudidayaan anda dapat membaca menyimpan filenya dengan mendownload halaman di bawah ini
Jenis Jenis Nanas Di Indonesia, Manfaat dan pembudidayaan

LihatTutupKomentar