-->

6 Teknik Menanam Bawang Merah Hidroponik Unik

6 Teknik Menanam Bawang Merah Hidroponik Unik


Siapa sih yang tidak tahu dengan bumbu dapur yang satu ini, bawang merah nyaris di pakai dalam tiap pengolahan masakan. Tidak cuma buat bumbu masakan, masih banyak khasiat lain yang dipunyai oleh bawang merah, antara lain anti kuman, anti inflamasi serta bisa sebagai  obat penyembuh jika tertusuk jarum atau duri. Berbeda dengan bawang putih, bawang merah mempunyai lebih banyak susunan umbi. Teknik penanamannya pula banyak, salah satu  caranya adalah teknik menanam bawah merah hidroponik 
6 Teknik Menanam Bawang Merah Hidroponik Unik

Teknik yang digunakan sama seperti cara menanam hidroponik pada tanaman jahe. Sebab dikala ini tata cara dengan penanaman hidroponik memanglah lagi  di gemari banyak petani. Mengandung estetika dan tentunya bernilai jual Sebab proses penanaman yang tidak lagi membutuhkan meda tanah melainkan pemakaian air. 

KELEBIHAN BUDIDAYA BAWANG MERAH HIDROPONIK 

Dengan penanaman tanaman bawang merah dengan teknik hidroponik kita bisa mengirit lahan. Lahan yang sempit bisa digunakan untuk banyak bawang merah.  inilah yang membuat banyak orang menggemari penanaman dengan tata cara ini. Sebab kamu cuma butuh mengakali teknik penanaman, misalnya saja melaksanakan penanaman dengan tata cara susun ataupun bertingkat yang pastinya lebih hemat tempat serta dana yang kita keluarkan.

KELEMAHAN BUDIDAYA TANAMAN INI

Ya tentu dengan lahan yang tidak luas maka kita tidak bisa menanam dengan skala yang besar. Jadi ya tidak bisa diangan angankan uang yang di dapat banyak, lha modalnya sedikit masak mau hasil yang banyak jelas itu tidak mungkin.  Sama juga dengan budidaya bawang merah dalam polybag atau budidaya bawang merah di pot, semua tadak bisa di aplikasikan secara skala besar, yah biaya dan area lahan sekali lagi menjadi kendala.

Dengan teknik hidroponik ini,  kamu cuma butuh memakai media sisa yang ada tanpa perlu memakai bahan baru. Petpatah berkata sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. 

Terdapat banyak tipe tumbuhan pula yang dapat di budidayakan dengan teknik hidroponik ini. Salah satunya merupakan bawang merah. Saya sudah membuatkan pedoman penanaman bawang merah dalam polybag ini seperti dibawah ini. Itu adalah hasil penelitian para pakar pertanian dan penyuluh pertanian. Berikut ini teknik budidaya bawang merah hidroponik: 

1.Persiapan Perlengkapan serta Bahan yang diperlukan sejak awal.

6 Teknik Menanam Bawang Merah Hidroponik Unik

Kamu harus  mempersiapkan seluruh perlengkapan ataupun bahan buat sebelum proses menanam secara hidroponik.  Sama seperti cara menanam hidroponik dengan botol sisa. Persiapan media ataupun perlengkapan bertanam hidroponik hendak di sesuaikan nantinya dengan banyaknya bawang merah yang hendak kamu tanam. 
Buat lebih detailnya, berikut persiapan tanam yang perlu kamu siapkan:
1.Box ataupun kotak plastik, boxfield air yang paling tidak mempunyai ketinggian 30 centimeter.
2. Sterofoam, gelas plastik yang sisa( tidak butuh yang baru), sekam bakar serta tanah.* Benih dari bawang merah.
3 Gunting ataupun cutter, kain flanel yang paling tidak mempunyai lebar sampai 3three centimeter.
4 Nutrisi dari hidroponik serta air. 

2. Persiapan Bibit 

6 Teknik Menanam Bawang Merah Hidroponik Unik

Pilihlah  bibit bawang merah yang baik, berikut sebagian perihal yang wajib di perhatikan:
1) Memilih bawang merah yang nampak sehat, tidak busuk ataupun hadapi bermacam penyakit yang lain. (baca Penyakit bawang merah dan solusinya)
2) Paling tidak memilih  umbi lebih sedikit besar supaya bibit yang dihasilkan  baik serta produktif. Kalau yang kecil rentan mati dan waktu pembesarannya juga lama jika nanti di tanam.
3) pilih bibit yang berusia lumayan matang supaya bagus di peruntukan bibit.
4) Amati apakah bibit busuk, kamu bisa melihat dari penampakan dan baunya. Bibit busuk biasanya warnannya agag pucat dan baunya sudah tidak sedap.
5) Buang bibit bila nampak membusuk serta mengering.
6) Perhatikan perkembangan tunas. Lanjut ke teknik menanam hidroponik bawang merah. 

3. Pembuatan Media Tanam Hidroponik 

6 Teknik Menanam Bawang Merah Hidroponik Unik

Sehabis seluruh bahan dan perlengkapan serta bibit sudah siap maka langkah selanjutnya adalah membuat media tanam. Teknik pembuatan media tanam adalah sebagai berikut
1) Pakai sterofoam yang besar bila seandainya kamu tidak mempunyai boxfield air, bentuklah jadi suatu pot yang nampak besar.
2) Sehabis itu buat pula suatu penutup dengan dorongan sterofoam yang lebih tipis.
3) Bagaikan jalur dari kain flanel, hingga kamu dapat mebuatkan sebagian lubang kecil kecil di dasar gelas plastik.
4) Masukan kain flanel melewati lubang yang sudah di buat tadinya serta kain flanel ini nantinya hendak jadi penyalur buat tumbuhan memperoleh lumayan air serta nutrisi.
5) Jalani pengisian larutan nutrisi kedalam boxfield dengan memakai nutrisi dari AB Mix yang memanglah di pakai buat membagikan nutrisi kepada tumbuhan hidroponik. Teknik memakainya gampang, kamu cuma butuh melarutkan masing masing larutan nutrisi Mix A ataupun Mix B sebanyak 5 ml kedalam liter air. Setelah itu tutup dengan tutup yang terbuat tadi.
6) Sehabis berakhir dengan pemberian nutrisi hingga kamu cuma tinggal mengombinasikan sekam bakar serta tanah dengan perbandingan yang sama ialah 1: 1 per gelas tanam. Setelah itu isi gelas tanam dengan media tersebut.
7) Masukan seluruh gelas plastik ke dalam lubang- lubang tutup boxfield. 

4 Tahapan Penanaman 

Sehabis berakhir dengan pembuatan media tanam hingga kamu dapat langsung masuk ke tahapan penanaman. Berikut teknik menanam hidroponik bawang merah:

1)Siapkan sebagian bibit bawang merah yang sudah kita bahas tadinya

 yang hendak di peruntukan proses dini pemibibitan. Memilih benih yang sudah siap tanam, kering, mengkilat serta tua. Kamu pasti saja dapat langsung memilah sebagian bibit yang memanglah sudah berakar, ini hendak lebih bagus sebab memesatkan proses penanaman.

2)Bilas benih tersebut terlebih dulu serta potong sebagian kecil 

pakai gunting ataupun pisau tumbuhan yang sesuai.

3) Sehabis itu, jalani penyiraman di dalam media tanam 

Caranya dengan mengenakan air bersih seperlunya jangan terlalu banyak.

4) Setelah itu jalani penanaman bibit bawang merah di dalam tiap botol plastik 

Tanam sampai tertanam hingga separoh bagian bawang tersebut di dalam media tanam.

5) Letakkan serta simpan tumbuhan bawang merah tersebut di wilayah serta tempat yang sejuk 

tetapi masih harus terkena cahaya matahari langsung. Perkenankan sepanjang 3 sampai dengan  4 hari sampai telah timbul tunas baru yang timbul pada bibit bawang merah tersebut. Isi ulang wadah dengan nutrisi A serta B mixcombine yang sehabis itu kamu dapat melaksanakan penempatan wadah ataupun pot tumbuhan di tempat yang memperoleh cahaya matahari langsung bila tunas telah berkembang melewati panjang 1 atau 2 centimeter. 

5. Kebutuhan Nutrisi Bawang Merah Hidroponik 

Media penanaman bawang merah yang bagus serta ideal  ialah yang mempunyai pH 5 sampai 7. Sebab tiap pertumbuhan serta tingkatan pertumuhannya yang tidak sama, hingga nutrisi yang di perlukan pula relatif bereda. Dosis nutrisi yang di butuhkan oleh tumbuhan bawang merah yang di tanam secara hidroponik hendak lebih besar bersamaan dengan tingkatan pertumbuhannya. Dibawah ini penjelasan ppm buat bawang merah hidroponik:

1) Tahap Pertama pemberian pupuk  tanaman ini

Kala bibit bawang merah sudah bertunas serta panjang tunasnya 1 centimeter ataupun perkembangan dini hingga cuma membutuhkan sekitaran 400 ppm

2) Tahap kedua pemberian pupuk bawang merah 

Kala perkembangan sudah beranjak pada umur 14 hari penanaman hingga nutrisnya merupakan dekat 800 ppm

3) Tahap ketiga pupuk tahap terakhir

Sebaliknya buat dini minggu ketiga ataupun di minggu kelima hingga kamu dapat membagikan nutrisi dekat 1200ppm 

6. Proses Perawatan serta Panen Bawang Merah 

a. Proses perawatan atau pemeliharaan tanaman budidaya
Supaya perkembangan dari bawang merah hidroponik optimal seperti cara menanam hidroponik dengan arang sekam, maka kamu perlu memperhatikan proses perawatan secara teratur. 
Perawatan bawang merah hidroponik sesungguhnya tidak  susah, kamu cuma butuh menjaga agar kadar mutu nutrisi yang di butuhkan oleh tumbuhan tidak kekurangan, senantiasa pada tempatnya terlebih kehilangan atau kekurangan air ataupun kekeringan. 

Senantiasa perhatikan nutrisi menurut dosis yag di perkirakan sesuai. Jalani pula pengecekan secara tertib tentang kandungan pH supaya tumbuhan dapat berkembang dengan baik.

b. Tahap panen raya siap dimulai

Sehabis daun bawang mulai menguning serta merebah serta umur tumbuhan tersebut sudah menggapai usia 60 sampai 65 hari hingga kamu telah dapat melaksanakan pemanenan. 

Jadi, demikianlah seluruh proses yang kamu butuhkan dalam mengenali teknikbudidaya bawang merah hidroponik. Tidak rumit bukan? 

Teknik budidaya bawang merah hidroponik  yang cenderung lebih instan, gampang serta tidak membutuhkan perawatan yang rumit, membuat banyak yang menggemari penanaman memakai tata cara ini. Kamu cuma butuh melaksanakan pengontrolan terhadap kandungan air serta kebutuhan nutrisi yang di perlukan oleh bawang merah tersebut. Jangan hingga kekeringan tetapi jangan hingga pula tergenangi air, ya!

TUTORIAL





LihatTutupKomentar