-->

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah pada Musim Hujan-serbabawang.blogspot.com. Dalam budidaya bawang merah maka pengolahan tanah mulai sejak awal sampai pada terbentuknya bedengan-bedengan yang nanti akan ditanami komoditas bawang merah biasanya telah mengeluarkan biaya cukup besar apa lagi ditambah sampai proses pemupukan. Oleh karena itu, demi lebih menghemat biaya tersebut maka pembuatan bedengan-bedengan untuk bawang merah mesti dapat dipakai untuk menanam komoditas bawang merah harus lebih dari satu kali setahun nya.

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan

Sebagian besar banyak petani bawang merah juga melakukan rotasi tanaman dengan komoditas lain dari hortikultura. Yang tidak mengalami ritasi biasannya hanya tanaman padi pada musim hujan. Pergiliran tanaman di lahan yang sama dalam periode satu tahun disebut juga sebagai pola tanam. Dengan melakukan pola tanaman, pengaturan jenis tanaman dapat disesuaikan terhadap permintaan pasar dan juga ketersediaan bibit bawang merah di musim tanam. Tanaman selanjutnya akan terjamin oleh sistem pola tanam yang baik dan disertai dengan produksi + harga yang baik maka memberikan keuntungan cukup besar untuk petani bawang merah.

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan


Sesudah tanaman bawang merah selesai dipanen yang pertama, maka kemudian lahan diolah ringan/ di kecrok dan juga diberi beberapa pupuk kandang misalnya kotoran ayam atau kotoran kambing, ini terutama untuk jenis tanaman melon dan tanaman cabai. Begitu juga tanaman pada bawang merah. Namun, para petani biasannya tidak lagi memberikan pupuk kandang pada tanaman bawang merah di fase kedua, yaitu penanaman bawang merah pada bulan September atau November. 

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan

Dikarenakan kandungan dari pupuk kandang masih dianggap mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pada tanaman bawang merah. Parit parit juga diperdalam lagi menjadi 35 sampai 50 cm dengan tujuan menghindari adannya luapan air hujan pada permukaan bedengan-bedengan. 

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim HujanPola tanam keempat, lalu bawang merah  dilakukan tumpangsari dengan tanaman cabai. Namun penanaman cabai dilakukan sesudah bawang merah telah berumur 35 atau 40 hari dari bawang merah ditanamkan. Pemberian Dosis dan waktu pemupukan pada bawang merah baiknya agar menghindari dampak negatif sebab penggunaan pupuk, apalagi pupuk kimia pada lingkungan hidup, misalnya terhadap tanah. Maka Penggunaan pupuk hendaknya juga diperhitungkan menyesuaikan dengan kondisi pada lahan tempat, pemberian pupuk secara berlebihan pada komoditas ini tanpa melihat atau memperhatikan waktu juga dosis dapat berakibat tanaman menjadi keracunan efek lainnya tanah menjadi keras atau bedugal. 

Tanah yang keras hanya bisa diolah di musim hujan, tanah akan menjadi meliat dan licin debabkan oleh pori-pori Tanah yang tertutup sisa-sisa dari pupuk kimia yang tidak di serap oleh tanaman. Hal ini mengakibatkan pertukaran antara udara dan air pada tanah tidak akan berjalan lancar, akibatnya terjadi penumpukan sisa pupuk kemudian meracuni tanah,  air dan juga tanaman itu sendiri. 

Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan

Dampak negatif lainnya adalah kurang baik untuk kehidupan organisme dalam tanah tanah apalagi terhadap kehidupan manusia. Oleh karena itu, maka pemupukan sebaiknya dilakukan secara cermat dan juga hati-hati supaya tidak menyebabkan pemborosan yang menambah biaya budidaya, namun sebaiknya pemupukan yang baik dan benar bisa meningkatkan pendapatan dan produksi per satuan luas dari tanaman bawang merah.

Pemupukan yang dilakukan secara benar dan sesuai pada waktu dengan dosis yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan dari tanaman bawang merah. Sebab bisa menggantikan unsur hara yang sudah hilang dan habis dengan demikian bisa menjaga keseimbangan pada unsur hara di dalam tanah juga kesuburan tanah. Kemudian bisa juga memperbaiki struktur tanah yang rusak sesuai yang dikehendaki komoditas ini, dapat pula meningkatkan daya ikat tanah terhadap air. Dengan demikian kebutuhan tanaman pada air dapat mencukupi, manfaat lainnya adalah bisa menguatkan fraksi-fraksi tanah, dan bisa mengurangi bahaya dari adanya erosi tanah. Tanaman akan menjadi subur dan bisa meningkatkan produksi kualitas maupun kuantitasnya. 

Dosis Pemupukan

Untuk menambah unsur hara tanaman maka perlu diberikan juga pupuk tambahan khususnya pupuk yang mengandung nitrogen fosfor dan kalium. Nitrogen misalkan urea, phospor misalkan TSP dan Kalium misalnya KCL. Berdasarkan pengalaman kebanyakan petani bawang merah, setiap hektar bawang merah kira kira memerlukan 205kg nitrogen, 125kgfosfor dan 155kg kalium. Isi kandungan unsur hara pada setiap jenis pupuk ialah Urea 45% nitrogen, ZA 21% Nitrogen, TSP46%, 205KCL 50% K2O. 
Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan

Pemupukan bawang merah dapat di bilang  berhasil jika tanaman bawang merah terlihat menunjukkan perubahan-perubahan. Baik dilihat dari morfologis ataupun fisiologis. Serta menunjukkan adanya pertumbuhan serta perkembangannya. Namun Sebaliknya pemupukan pada tanaman bawang merah dikatakan tidak efektif, jika tanaman tidak ada atau tidak menunjukkan pertumbuhan atau perkembangan.

Pemupukan yang tidak tepat juga akan berpengaruh pada perkembangan gulma, hama bawang merah dan penyakit yang menyerang bawang merah

PEMUPUKAN BAWANG MERAH MUSIM HUJAN

Waktu dan dosis pemupukan musim hujan pada tanaman ini jika menggunakan bibit dari pengambilan umbi seluas 1hektar di lahan tadah hujan adalah menggunakan pupuk kandang kira kira 5Ton + KCL sebanyak 100Kg, TSP sebanyak 150 kg, Urea sebanyak 150kg dan dolamit kira kira sebanyak1 ton. 

PEMUPUKAN BAWANG MERAH MUSIM HUJAN SISTEM TUMPANG SARI

Jika ditanam musim hujan dengan tumpangsari Bawang Merah dengan Cabai pada tiap satu hektar kebutuhan pemupukan harus berimbang yaitu Urea sebanyak 167 kg+ ZA sebanyak 357 kg+ SP 160 Kg + KCL 300 Kg. 

PEMUPUKAN BAWANG MERAH MUSIM KEMARAU

Berbeda dengan pemupukan musim hujan, pemupunak pada musim kemarau maka dosis pemupukan berimbang pada lahan kering / tegalan untuk per hektar membutuhkan urea kira kira 160kg, ZA sebanyak 335 Kg, SP sebanyak 160 Kg dan KCL 100 Kg. Jika Tanaman bawang merah dipupuk berdasarkan waktu dan dengan dosis yang pas maka pastinya akan tumbuh kembang secara baik. cirinya bawang merah adalah daun berwarna hijau tanaman tumbuh tinggi jumlah anakan umbi bisa 20 bahkan lebih dari itu. 

CARA PEMBERIAN PUPUK

Cara Pemupukan Bawang Merah pada musim hujan yang sesuai maka tidak mungkin tidak keberhasilan akan menaungi budidaya bawang merah.  Pengobatan akan sangat ditentukan pemakaian dan juga penempatan dari pupuk yang tepat. Ketika pupuk disebarkan di permukaan tanah maka akan memberikan hasil  berbeda bila dibanding jika pupuk dibenamkan di dalam tanah. 
Berdasarkan pengalaman ada tiga metode dasar pemupukan untuk tanaman bawang merah pada musim hujan yang sesuai dan dianjurkan dalam penerapan. 

1. Pemupukan dengan Penugalan 

Pupuk kita tempatkan dalam jalur- jalur yangdibuat dekat tanaman kira kira jarak 5 cm dengan kedalaman 3 atau 5 cm kemudian lobang tempat pupuk kita buat cara nya di tugal di tanah yang kita telah tentukan batas-batasnya. 

2. Pupuk kita Benamkan di Tanah.

Pupuk dibenamkan di alur-alur di antara tiap baris barisan tanaman bawang merah bawang merah, alur-alur tempat pupuk bentuknya semacam parit dengan ukuran kira-kira 2 cm dengan mengambil kedalaman 3 cm,berjarak 3 sampai 5cm. Pembuatan alur mesti dilakukan dengan sangat hati-hati agar kita tidak memutus atau istilahnya merusak akar serabut bawang merah yang menjalar ke bagian samping tanaman bawang merah. 

PUPUK DAUN PADA TANAMAN BAWANG MERAH

Pupuk daun pada musim hujan dilakukan dengan cara kita semprotkan langsung mengenai tanaman bawang merah terutama bila Pupuk yang kita gunakan dalam dosis kecil. Unsur hara mikro biasanya ada pada pupuk jenis pelengkap cair atau PPC dan juga pemupukan daun biasanya dilakukan  secara bersamaan saat penyemprotan pestisida tujuannya supaya supaya pestisida juga pupuk kerjanya menjadi lebih efektif, maka saat penyemprotan kita bisa menambah dengan zat perekat misal artistik pupuk daun yang kita gunakan adalah gandasil atau bisa juga vitablom. 

Demikian artikel tentang Bagaimana cara Pemupukan Bawang Merah di Musim Hujan


TUTORIAL PEMUPUKAN BAWANG MERAH




LihatTutupKomentar