-->

Menanam Bawang Merah Organik Aman dan Menyehatkan

Cara Menanam Bawang Merah Organik Aman dan Menyehatkan

Cara menanam bawang merah organik sebenarnya adalah cara menanam kembali ke model lama sebelum tahun 80-an. Tapi bang kenapa di masukan ke petani modern. Kembali ke definisi cara bertani dengan full bahan kimia kita masukan ke era nya konvensional jadi gag usah protes. Lagi pula cara bertani modern akan lebih mementingkan kelestarian lingkungan dari pada sekedar meraup hasil yang tinggi.

harga bawang merah periode April - Juni 2020

Harga bawang Merah Periode Januari - Maret


Pertanian organik cenderung ramah lingkungan dan ramah bagi kesehatan kita. Selain itu juga cara menanam bawang merah ini juga efisien dan efektif. Tidak terlalu tergantung dengan stok industri pupuk kimia yang setiap saat harganya melonjak mencekik leher petani, biaya sekarang untuk pembelian pupuk kimia terlalu melambung sehingga pertanian organik dengan biaya sederhana namun hasilnya juga tidak terlalu jauh dengan hasil pertanian yang mengandalkan pupuk kimia.  


Banyak petani yang sudah mulai beralih ke pertanian organik termasuk dalam budidaya bawang merah ini. Pasalnya apa? Kepedulian masyarakat akan kesehatan sekarang ini cukup tinggi dan mereka lebih menghargai buah kerja petani organik, hasil pertanian organik akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Tapi orang orang pun tidak berkeberatan dengan hal itu karena menurut sebagian besar masyarakat yang peduli lingkungan dan kesehatan akan melakukan apa saja agar apa yang dikonsumsinya baik dan menjaga ekosistem tubuhnya itu sendiri. Harga mahal no problem mah bagi orang berduit. 

Kita bisa lihat pupuk organik dibandrol dengan harga murah, sedangkan pupuk kimia sudah persediaan dipasar dibatasi sulit untuk mendapatkannnya dan hargannya ampun dah. 

Coba bayangkan biaya produksi budidaya bawang merah dengan pupuk organik, pestisida organik, penyiangan yang manual maka akan semakin sedikit namun harga panen nya mahal. Apa gag kepincut itu petani organik. 

Oke masuk ke bagaimana cara tanam nya yuk simak penjelasannya

Cara tanam 

Olah lahan


  • · Tanah dicangkul kemudian buat bedengan lebar kira kira 80 cm maksimal 1 m, diantara bedengan buat parit sebagai sanitasi pengairan buat lebar sekitar 40 cm tinggi bedengan/galengan ambil saja 50 cm. Jangan lupa rumut rumput sambil dibersihkan. Manual kan? Tapi itu sisi telatennya tinggi.
  • · Siapkan pupuk kandang matang, jangan bari keluar terus ente bawa. Pupuk kandang diratakan pada bedengan sambil diaduk aduk pakai cangkul sampai rata biar unsur hara organiknya juga cukup rata untuk bawang merah nanti. Pupuk kandang murah bahkan banyak orang desa yang tidak membutuhkannya. Kamu bisa menggunakan kotoran unggas, sapi kotoran kambing tapi jangan kotoran manusia ya! Jijikkkkkk. 
Menanam Bawang Merah Organik Aman
Pupuk kandang + Dedaunan Kering+arang sekam =1:1:1


  • Pupuk ini memiliki kemampuan adaptasi yang lama terhadap lingkungan, tanah jadi subur dalam tempo yang lama, tanah tidak depresi karena tidak menggunakan bahan kimia jadi ekosistem bio organik tanah hidup kembali. Meski butuh waktu lumayan lama namun ketahanan nya juga lama, sekali anda beri pupuk organik bisa subur selama dua tahun, bandingkan dengan pupuk kimia. Abis panen abis tuh kadarnya. Dah masuk ketubuh manusia, ekstrak zat berbahaya nya juga sulit terurai.
Menanam Bawang Merah Organik sehat
Campuran Pupuk organik diberi Cairan EM4
  • Ada cara supaya tanah lebih cepat untuk matang dan subur saat diberikan pupuk organik atau pupuk kandang yaitu dengan menambah konsentrasi mikroorganisme dalam tanah. Dimana bang beli mikroorganisme dalam tanah? Itu pasti pertanyaan kalian bukan? Banyak yang sudah menyediakan bahan semacam EM4, SOT,atau produk dari petani Nasa. Kamu semprotkan saja pada kotoran hewan yang akan kamu pakai sebagai pupukdasar, setelah semprot pakai gembor atau tangki biarkan selama 2 minggu baru diaduk dengan tanah bedengan. Wuihh Joss Gandoss Kotoss Kotoss pokoknya.

Yuk mari kita memulai dengan pertanian organik yah idep idep berpartisipasi untukmanjaga lingkungan kita, supaya anak anak dan cucu cucu  kita masih bisa menikmati tanah kita yang subur pada masa nya ketika besar. Kita kan tahu pupuk industri kimia menyebaban macam macam penyakit mulai bermunculan dari vertigo, deabetes, sesak napas, lemah jantung dll. Itu semua karena akumulasi jangka panjang penggunaan bahan bahan kimia semacam pupuk kimia.
Ragam Penyakit akibat DDT


Pembibitan

· Ambil bibit yang sudah kamu pilih, pilih yang kualitas ya atau kalau kamu sudah bisa buat sendiri bibitnya dengan cara
  • Siapkan bawang hasil panen yang telah hidup sampai usia 90 hari sesudah HTS.
  • Pilih yang bagus fisik dan aromannya, Yang bagus seperti apa? 
  • Bulat utuh, warna cerah kemerahan jangan yang pucat, bau menyengat tidak busuk. 
  • Ikat daunnya letakan ke tempat kering dan jaga agar bebas dari jamur supaya tidak busuk. Biarkan selama 60 hari setelah panen. 
  • Potong daunnya yang mengering
  • Umbi di tugel atau dipotong ¾ bagian di sebelah atas bibit lalu 

Saat menanam silakan kamu masukan pada tanah bedengan dengan jarak 10-12 cm saja. Jika musimnya agag kering bisa lebih kamu rapatkan, kalau musim banyak hujan nya sebaiknya jaraknya jangan terlalu rapat. Jamur coy

Pemeliharaan

Penanggulangan gulma

Menanam Bawang Merah Organik

· Setelah ditanam silakan ditutup pakai daun daun kering atau apa terserah supaya tidak dimakan kewan kewan predator. Ini namanya mulsa organik. Petani organik mulsa juga organik hebat gag tuh. Tujuan lain agar tanah tidak terlalu cepat penguapannya, jadi anda bisa menghemat tenaga dalam penyiraman.
Baca CARA MENANGGULANGI GULMA

Penyiraman

· Jaga kelembaban tanah, kalau jarang hujan ya siram pagi dan sore, kalau hujan dan tanah lembab ya biarkan saja. Seperti yang saya jelaskan tadi bawang itu suka air tapi juga tidak terlalu banyak, kalau kering daun bawang mudah layu tapi jika terlalu basah tuh jamur siap mengintai. Namun jangan khawatir biasanya pertanian organik dengan pupuk dasarnya pupuk kandang biasanya jamur bakteri dan hama penyakit tidak terlalu suka. Kamu saja juga pasti tak suka kan? hee 

Penaggulanan hama dan penyakit

· Di amati selama proses tanam sampai panen, liat tuh ada gulma ya dibersihkan, kalau ada hama yang besar ya di pithes, kalau kecil ya semprot pakai pestisida organik. Banyak sekarang yang jualan, harganya juga murah contoh EM5
Baca lengkap 
Penyakit bawang merah dan solusinya
Hama Bawang Merah dan cara penanggulangan

Hasil bawang merah organik saat dimanen

Panen bawang merah sekitar 60-70 hari lah tergantung bagus tidaknya bibit dan cuaca juga pengaruh. Hasilnya daya kembang bawang merah organik atau istilahnya daya produksi bawang merah organik mencapai 4 kali dari jumlah yang ditanam jika anda menanam 15 Kg maka estimasi hasilnya adalah 60 kg misal anda menanam 2 kwintal maka anda dapat memanen bawang merah organik 8 kwintal, itu kalau musimnya kemarau. Namun jika anda menanamnya pada musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi maka estimasinya adalah 3 kali. Karena bawang merah itu membutuhkan cuaca yang lumayan panas namun juga ketersediaan air juga harus cukup.

Jika kamu telaten maka tidak dapat dipungkiri jika usaha budidaya bawang merah organik ini akan dapat kamu tuai hasilnya.  
Dan senengnya atau enaknya jika anda mau membuat mie goreng bawang, bawangnya yang masih fresh dari kebun, tidak perlu dicuci pakai sabun, bersihkan tanahnya saja cukup dan enakk alhamdulilah

MINAT? MAU TUTORIALNYA SILAKAN LIHAT VIDEO DIBAWAH INI




LihatTutupKomentar