-->

cara budidaya jambu air kaget delima

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME. Atas izin-Nya lah artikel cara Budidaya Jambu Air Kaget Delima ini dapat diselesaikan. Dengan tersusunnya artikel ini mudah- mudahan dapat menambah pengetahuan tentang cara menanam jambu air atau budi daya jambu air kaget delima. Seperti tentang cara-cara mengenal jambu air kaget delima, perkembangbiakan jambu air kaget delima, teknik budi daya tanaman jambu air kaget delima, cara mengatasi hama daun dan hama buah, cara memanen dan pemasaran nya. Harapan kami semoga artikel cara budidaya jambu air kaget delima ini dapat bermanfaat untuk kemajuan pembangunan khususnya di bidang pertanian. artikel ini memuat langkah langkah praktis pedoman cara budidaya jambu air atau cara menanam jambu air kaget delima.

cara budidaya jambu air kaget delima



I. Pendahuluan 

A. Peluang dan potensi buah jambu air kaget delima 

Jambu air kaget delima merupakan satu­ satunya jambu dari Kota Demak yang mempunyai kualitas tinggi dibanding dengan jambu air lainnya. Jambu ini mempunyai rasa khas manisnya serta lebih manis dibanding dengan jambu air lainnya, renyah, memes, dan berwarna merah delima merekah dapat dijumpai di Kota Demak. Di Desa Betokan dan Tempuran Kecamatan Demak Kabupaten Demak khususnya merupakan pusat jambu air kaget delima. Setiap musim panen tiba jambu ini dapat kita jumpai di pasar­-pasar Kota Demak serta banyak juga kita jumpai di supermarket­-supermarket di kota­ kota besar seperti Semarang, Surabaya, Jakarta, Yogyakarta dan kota besar lainnya. Jambu ini bermusim panen dua sampai tiga kali dalam setahun dan perawatan nya mudah, dapat hidup dimana ­mana khususnya di daerah tropis. Memiliki batang keras, berkambium sehingga mudah dibudidayakan, dengan cara dikembangbiakan melalui biji, cangkok, stek dan merunduk. 

budidaya jambu air kaget delima
Pemasaran nya sangat mudah sebab jambu air kaget delima ini sangat disukai oleh semua lapisan masyarakat karena memiliki rasa khas. Harganya lebih tinggi dibandingkan dengan harga jambu ­jambu lainnya. Sekarang hampir setiap kota maupun setiap desa dapat kita jumpai tumbuhan jambu air kaget delima. Selain dapat tumbuh dimana ­mana, mudah sekali cara merawatnya, tidak perlu disiram air setiap hari. Jika diserang hama penyakit cukup disemprot menggunakan obat Insektisida dan biasanya jika menjelang musim jambu air berbuah banyak serangga berupa lalat buah dapat diatasi dengan obat Metroginol. Pemasaran nya sangat mudah dapat dijual di pasar, tengkulak atau pembeli penampung dan di supermarket.

cara budidaya jambu air kaget delima 

B. Prospek pengembangan Jambu air kaget delima 


Pada saat ini jambu air kaget delima sudah dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Banyak permintaan dari masyarakat, pasar maupun supermarket untuk memesan buah jambu air kaget delima. Di Demak khususnya Kelurahan Betokan dan Desa Tempuran merupakan pusat pembenihan jambu air kaget delima, benih ini dapat kita jumpai di setiap pekarangan rumah warga atau khususnya di tempat bapak Karmono Kelurahan Betokan dan bapak Restu Desa Tempuran Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Pada umumnya setiap satu batang pohon jambu air kaget delima yang sudah besar berumur lima sampai sepuluh tahun sekali panen dapat menghasilkan buah seribu sampai dua ribu butir jambu, pada umumnya jambu air kaget delima ini setiap tahunnya dapat berbuah sampai tiga kali panen. Pada umumnya dari hasil pemanenan jambu air kaget delima ini dijual kepada tengkulak atau pembeli dengan cara pembelian setiap seratus butir, serta pedoman untuk penentuan harga tergantung pada besar kecilnya dan warna buah jambu tersebut. Kemudian para tengkulak atau pembeli menjual ke supermarket dengan cara per kg. Biasanya dalam satu kg berisi kurang lebih 15 sampai 20 butir jambu, tergantung pada besar kecilnya buah yang dipanen. 

cara menanam jambu air kaget delima

 II. MENGENAL BUAH JAMBU AIR KAGET DELIMA 

A. Asal Mula Budi Daya Jambu Air Kaget Delima 


budi daya jambu air
cara budi daya jambu air kaget delima



Pada tahun tujuh puluhan jambu air kaget delima belum banyak dibudidayakan oleh warga masyarakat yaitu Desa Tempuran dan Kelurahan Betokan, yang memiliki pohon jambu air kaget delima ini adalah orang ­ orang tertentu saja di Desa Tempuran dan Kelurahan Betokan Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Kemudian orang tua bapak Karmono sekarang warga desa di Demak mencoba dan merawat jambu air kaget delima dengan baik dan benar ternyata dapat menghasilkan buah jambu yang baik dan menarik bagi setiap orang. Setelah dibudidayakan oleh orang tua bapak Karmono banyak orang menjadi tertarik karena warna merah delima nya, rasanya manis, renyah, dan memes nya yang tidak dimiliki oleh jambu ­jambu lainnya di Kata Demak Propinsi Jawa Tengah. Mulai saat itulah jambu air kaget delima dibudidayakan oleh warga setempat berkembang ke desa lainya, dan bahkan sekarang sudah berkembang di kota ­kota lain seperti Semarang, Kudus, Purwodadi dan menyebar di kota lain yang ada di pulau Jawa 

B. Mengenal Jambu air kaget delima 

Jambu ini mudah dikenal karena merupakan tumbuhan tahunan, warna daun nya jika masih muda berwarna hijau kekuningan, ketinggian pohonnya dapat mencapai sepuluh meter, buahnya berwarna merah delima jika masih muda berumur satu minggu berwarna kuning kehijauan, dan rasa buah jambu muda terasa getir tidak sepet seperti buah jambu lainnya. Bunganya berwarna kuning keputih­putihan jika sudah membuka atau mekar akan terlihat benang sari, serbuk sari dan kepala putik nya, bertangkai bunga, bunganya termasuk golongan bunga sempurna. Berikut ini kita akan mengenali ciri­-ciri jambu air kaget delima seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Jambu air kaget delima sangat mudah untuk dikenali dengan memperhatikan ciri­-ciri seperti yang terdapat digambar di atas tadi. 

Saat ini jambu air kaget delima sudah banyak kita jumpai di kota-­kota lain sekitar kota Demak baik pohon maupun buahnya. Batangnya mudah di cangkok, bijinya mudah disemaikan, sehingga mudah dikembangbiakan oleh siapa saja yang ingin pembudidayakan. Hampir setiap tahun menjelang musim hujan para petani budidaya jambu air kaget delima di Kelurahan Betokan serta Desa Tempuran banyak dikunjungi oleh pemesan cangkokan jambu air kaget delima dari luar Kota Demak. 

C. Karakteristik morfologi jambu air kaget delima. 

Tanaman jambu air kaget delima merupakan tumbuhan tahunan, berbatang keras, ketinggian batangnya dapat mencapai sepuluh meter lebih. Jambu air kaget delima memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan untuk dikembangkan masyarakat. Sudah banyak masyarakat yang melakukan budi daya jambu air kaget delima yang berhasil. Jambu air kaget delima mudah tumbuh dimana saja, khususnya di daerah tropis. Jambu air kaget delima ini berakar tunggang, berbiji belah atau berkeping dua, berkambium sehingga mudah dicangkok. Karakteristik morfologi tanaman jambu air kaget delima adalah sebagai berikut : 

a. Akar 

Sebagai tanaman tahunan berkeping dua, berdaun lebar, mempunyai akar tunggang dan akar cabang yang menyebar keseluruh arah bagian tanah pada lapisan tanah bagian atas sedalam 3 m -­ 5 m. Tanaman jambu air kaget delima dapat dikembangbiakan secara vegetatif dan generatif. Vegetatif misalnya dengan cangkokan, stek cabang dan merunduk, sedangkan generatif menggunakan bijinya. 

b. Batang 

Batang merupakan bagian dari tubuh tanaman jambu air kaget delima yang amat penting sebagai pembentuk dan pembawa daun. Jambu air kaget delima memiliki batang yang berkayu keras serta berkambium. Struktur batang dan cabangnya terdiri atas batang utama, cabang primer, cabang sekunder, bunganya dapat muncul disemua bagian batangnya. Kulit batang dan ujung cabang yang masih muda berwarna hijau, bagian batang utamanya berwarna kecoklat­ coklatan atau coklat. Cabangnya bermata tunas dapat juga dikembangbiakan secara vegetatif dengan stek. 

c. Daun 

Daun jambu air kaget delima mempunyai daun ganda artinya setiap muncul daun baru terdiri dua lembar daun atau sepasang daun begitu seterusnya. Daun berbentuk lonjong memanjang bagian ujung daun lancip menyerupai tombak warna daun yang masih muda berwarna hijau kekuning-­kuningan, daun yang sudah tua berwarna hijau tua setelah menjelang layu berwarna kuning kemudian rontok, daun yang rontok mengering berubah warna menjadi coklat. 

d. Bunga 

Bunga jambu air kaget delima jika sudah mekar memiliki benang sari dan serbuk sari yang banyak, bertangkai kepala putik panjang dan tangkai putiknya lebih panjang dari pada benang sarinya. Bunga yang baru muncul berwarna hijau setelah tujuh hari berwarna kuning keputihan sampai bunga mekar, setelah mekar kurang lebih lima hari benang sarinya rontok terjadi penyerbukan, lalu terjadilah pembuahan sampai buah jambu tua hingga siap panen kurang lebih dua puluh dua hari. 

e. Buah 

Buah jambu air kaget delima manis rasanya, renyah, memes dan warnanya sangat menarik seperti warna merah buah delima. Sangat disukai oleh orang tua dan muda karena memes serta manisnya. Kita dapat memanen dua sampai tiga kali dalam setahun, tergantung pada cara perawatannya. Jambu air kaget delima memerlukan air dan pupuk secukupnya serta penyemprotan hama secara rutin dan benar sesuai karakteristik jambu tersebut.

III. Perkembangbiakan Jambu air Kaget Delima

langkah budi daya jambu air
menanam jambu air

A. PERSIAPAN LAHAN

Pada prinsipnya tanaman jambu kaget delima dapat dengan mudah dikembangbiakan secara vegetatif yaitu menggunakan cangkok, stek dan merunduk. Perkembangbiakan juga dapat dilakukan secara generatif yaitu melalui bijinya, hal ini tidak disenangi oleh masyarakat pada umumnya, sebab masa berbuahnya cukup lama empat sampai lima tahun baru berbuah. Sehingga masyarakat lebih senang memilih perkembangbiakan melalui vegetatif secara: cangkok, sebab melalui cangkok lebih cepat berbuah, buahnya sama dengan induknya.
Pada bab ini akan dibahas perkembangbiakan jambu   air kaget delima secara vegetatif yaitu secara cangkok, stek dan merunduk.

1. Cangkok 

Syarat utama untuk melakukan pencangkokan yaitu memilih cabang yang kulitnya sudah coklat atau dianggap cukup tua kemudian kulit tersebut dipotong melingkar atas bawah, dengan jarak kurang lebih sepuluh sentimeter lalu dikelupaskan kulit yang sudah dipotong tersebut melingkar sepanjang sepuluh sentimeter. Kemudian Perkembangbiakan Jambu Air Kaget Delima diberikan tanah subur pada bagian cabang yang di kelupas tadi secukupnya secara melingkar, dan tutuplah dengan lembaran
mencangkok jambu air
cara mencangkok jambu air

Gambar 3.1 Contoh Cangkokan plastik secara melingkar atau dengan sabut kelapa.
Kemudian setelah  itu baru diikat bagian plastik atau sabut kelapa tersebut atas bawah dan tengah. Pencangkokan akan berhasil baik dan berkulitas apabila dilakukan menjelang atau pada musim penghujan, Lama pencangkokan kurang lebih dua sampai tiga bulan, selama dua tiga bulan ternyata setelah diamati cukup akarnya dapat kita pindahkan ke polibek atau di taman langsung di kebun yang sudah disediakan. Setelah ditanam rawatlah secara intensif cukup air dan usahakan jangan sampai cangkokan yang sudah ditanam tersebut pohonnya berputar akibat angin sehingga akar menjadi putus dan turnbuhan menjadi layu dan akhirnya mati.

2. Setek 

setek jambu air
langkah budi daya jambu air dengan setek

Gambar 3.2 cara menanam dengan setek
Setek merupakan usaha menanam melalui bagian cabang atau ranting yang terlihat mata tunas nya, untuk perbanyakan menggunakan stek dengan cara memotong bagian ujung ranting. Kemudian langsung kita tanam di polibek tidak boleh kena sinar matahari langsung yang dapat mengakibatkan terjadi penguapan tinggi pada tanaman setek baru. Karena penguapan yang tinggi dapat mengakibatkan tanaman mudah layu dan akhirnya mati. Untuk itu agar tanaman tahan dan tidak layu taruhlah tanaman tersebut di tempat yang teduh sehingga tetap dalam keadaan segar dan dapat menumbuhkan akar baru yang akhirnya dapat hidup dengan baik. Setelah tumbuhan hidup dengan baik maka dapat dipindahkan ke tempat lahan baru yang telah disediakan.

Pada waktu penanaman di polibek pertama kali potonglah daun atau kurangi daun yang ada sehingga akan mengurangi penguapan dan dapat hidup sesuai dengan harapan.

3. Merunduk 

Merunduk adalah merupakan usaha perkembangbiakan melalui tunas batang baru atau ranting-ranting yang dekat dengan tanah sehingga mudah dirundukkan ke tanah. Kemudian tunas batang baru atau ranting yang dekat dengan tanah dirundukkan ke tanah dan sebagian tunas batang baru atau ranting diliukan ke dalam tanah sehingga tertutup tanah sedalam kurang lebih sepuluh sentimeter. Tunas batang baru atau  ranting yang tertutup tanah akan keluar akar baru setelah selama kurang lebih satu bulan. Sedangkan untuk memindahkan hasil rundukan ke tempat yang baru setelah cukup akarnya kurang lebih berumur   tiga bulan.

pembibitan jambu air dengan merunduk
langkah budi daya jambu air cara merunduk

Gambar 3.3 Menaman dengan cara merunduk
CARA BUDIDAYA JAMBU AIR KAGET DELIMA

Bertani tanaman jambu air kaget delima merupakan usaha sampingan untuk dapat menambah penghasilan yang cukup menggiurkan. Oleh sebab itu usaha ini banyak disukai masyarakat disamping dapat dikonsumsi sendiri, juga dapat sebagai bisnis yang menjanjikan. Pertama perlu mempersiapkan lahan yang dibutuhkan, setelah lahan yang dibutuhkan tersedia yang perlu kita perhatikan adalah lubang tanam dengan jarak kurang lebih lima meter antara  lubang yang satu dengan lubang yang lainnya. Untuk luas lubang lebarnya antara lima puluh sampai enam puluh sentimeter dengan kedalaman kurang lebih lima puluh sentimeter. Agar tanaman cepat tumbuh dengan subur maka setiap lubang diberi pupuk kandang atau pupuk kompos secukupnya. Setelah pupuk tersedia di lubang tanaman, maka tanaman jambu air kaget delima yang sudah dinyatakan tumbuh baik di polibek dapat dipindahkan penanaman nya ke lubang yang telah disediakan.

Budi Daya Jambu Air Kaget Delima

B. Cara perawatan 

penyiangan jambu air

Gambar 4.2 Rumput yang ada di bawah pohon jambu harus disiangi
Jambu air kaget delima sangat mudah perawatan nya karena :

  • Tidak banyak membutuhkan air. 
  • Cukup disirami seminggu sekali. 
  • Pemupukan dapat dilakukan sebulan atau dua bulan sekali. 
  • Penyemprotan dilakukan jika ada hama saja dengan menggunakan obat insektisida yang Banyak dijual di toko obat pertanian. 
  • Rumput yang ada di bawahnya tidak begitu mengganggu namun juga perlu di siangi. 


C. Bibit 

jambu air kaget delima mudah diperoleh terutama di Kelurahan Betokan dan Desa Tempuran Kecamatan Demak Kabupaten Demak Proponsi Jawa Tengah. Bibit jambu air kaget delima harganya tidak mahal, dan dapat dijangkau oleh semua masyarakat yang ingin menanamnya. Pembibitan Jambu air kaget delima yang ada ' pada umumnya berupa cangkokan yang sudah dipindahkan di polibek jika ditanam 90 % dapat hidup.


cara menanam jambu air
cara menanam jambu air dari cangkok


cara menanam jambu air
cara menanam jambu air  dengan merunduk

cara menanam jambu air
cara menanam jambu air dengan cara setek


V. CARA MENGATASI HAMA DAUN DAN BUAH

A. Mengatasi Hama Daun

Hama daun pada tanaman jambu air kaget delima umumnya ada dua macam yaitu ulat berkepala besar berwarna hijau dan hewan tukrok.

a). Ulat berkepala besar berwarna hijau

Gambar 5.1 Ulat daun berkepala besar berwarna hijau

Untuk mengatasi ulat berkepala besar berwarna hijau dilakukan dengan cara:

  • Segera disemprot dengan obat Insektisida yang mudah kita dapatkan di warung ¬warung atau toko-toko obat pertanian.  
  • Agar ulat berkepala besar berwarna hijau musnah dapat kita ulang semprot satu, dua, sampai tiga kali. 
  • Gunakan pemakaian obat sesuai aturan yang ada pada label, sehingga obat dapat bereaksi secara efektif. 
  • Gunakan masker pada waktu melakukan penyemprotan agar kita aman tidak terpengaruh oleh reaksi obat. 

b) Hewan tukrok. 

Hewan tukrok berkulit keras yang berwarna coklat sebangsa oteng- oteng merupakan hewan perusak daun yang masih muda, dan daun tersebut sebagai makanan nya juga. Kemudian hewan tukrok memotong daun dimulai dari tepinya dengan supit kepalanya Cara Mengatasi Hama Daun dan Buah kurang lebih setengah lebar daun jambu, setelah daun layu hewan tukrok tersebut bertelur pada daun yang layu tersebut. Kemudian daun di gulung nya untuk menyimpan telur tersebut sampai menetas menjadi hewan tukrok yang muda.

Gambar 5.2 Hewan tukrok Budi Daya Jambu Air Kaget Delima
Untuk mengatasi hewan tukrok dilakukan dengan cara:

  • Segera melakukan penanganan   yaitu dengan cara penangkapan sebab hewan tukrok dapat terbang   kesana kemari. 
  • Alat yang digunakan untuk penangkapan adalah berupa jaring halus yang dibuat seperti serok ikan. 
  • Agar mendapatkan hewan tukrok yang maksimal goyanglah pohon jambu tersebut supaya hewan tukrok nya beterbangan sehingga mudah ditangkap. 
  • Karena hewan tukrok bertengger di tempat yang tinggi maka kita buat tangkai jaring yang lebih panjang agar dapat menjangkau pada ketinggian tertentu.  Cara Mengatasi Hama Daun dan Buah 

B. Mengatasi Hama Buah Jambu 

Gambar 5.3 Lalat buah
Hama buah jambu air kaget delima berupa lalat buah berwarna kuning emas, lalat ini selain mengisap buah jambu yang sudah tua dan menyarangkan telur nya pada buah jambu air kaget delima yang masih muda atau masih pentil, dengan menggunakan penusuk jarum telur nya kedalam buah jambu yang masih muda atau pentil. Setelah tiga, empat hari kemudian telur lalat buah akan menetas di dalam buah jambu. Setelah menetas di dalam buah jambu berupa zet-zet, lalu zet-zet tersebut memakan bagian buah jambu yang ada didalamnya sampai buah jambu tua. Setelah cukup umur zet-zet tersebut akan menjadi kepompong dan akhirnya berubah menjadi lalat buah dewasa. inilah yang menjadi metamorfosis pada lalat buah.

Untuk mendapatkan hasil buah jambu air kaget delima berkualitas baik, dan aman, serta untuk menghindari lalat buah bersarang dan bertelur di dalam buah jambu sampai jambu menjadi tua dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a. Pada waktu buah jambu air delima masih muda atau masih pentil berumur tiga hari berwarna hijau setelah penyerbukan perlu segera penanganan dengan pengamanan membungkus buah jambu yang masih pentil tadi dengan plastik putih bening sesuai yang kita butuhkan dengan melihat banyak sedikitnya untaian atau dompolan buah jambu tersebut. Jika untaian atau dompolan lebih dari lima butir buah jambu gunakan plastik yang berukuran besar.
b. Agar mendapatkan jambu yang berkualitas dan untuk menghindari banyaknya kerontokan jambu, maka plastik sebelum dibungkuskan dipotong lebih dulu bagian sudut-sudut nya agar buah jambu mendapatkan sirkulasi udara dan jambu berkembang membesar dengan baik.

Gambar 5.4 Buah jambu mulai dibungkus
c. Mengapa kita harus menggunakan plastik bening sebab plastik bening dapat ditembus oleh cahaya sinar matahari sehingga akan menghasilkan warna buah jambu kaget delima yang berkualitas tinggi dengan warna merah delima nya yang sangat menarik.
Bab selanjutnya pada artikel cara menanam jambu air kaget delima adalah panen dan pemasaran yuk silakan simak dibawah ini.

VI. Panen dan Pemasaran 

A. Cara Memanen Buah Jambu air kaget delima

Untuk memanen buah jambu yang perlu kita perhatikan adalah :

  • Kita harus berhati-hati sebab buah jambu yang sudah cukup tua mudah rontok. 
  • Petiklah buah jambu yang dianggap paling tua dengan cara memilih nya diantara untaian-untaian yang ada, jambu yang masih muda biarkan saja sampai menjadi tua dua atau tiga hari lagi baru dipaneni begitu seterusnya. 
  • Setelah kita panen pilihlah  jambu yang lebih baik dan tidak rusak, buah yang berkualitas akan mendapatkan harga lebih tinggi atau lebih mahal. 


Gambar 5. 7 Hasil panen yang akan dijual kepada tengkulak atau pembeli

penen buah jambu air kaget delima dari pembungkusan pertama berumur tiga hari setelah penyerbukan kurang lebih dua puluh dua hari.

B. Pemasaran Buah jambu Air Kaget Delima 

Pada umumnya para petani jambu air kaget delima tidak mengalami kesulitan untuk menjual atau memasarkan hasil pertaniannya.

Gambar 5.8 Tengkulak atau pembeli jambu air kaget delima siap dipasarkan ke supermarket
Sebab di daerah Kota Demak banyak sekali para tengkulak atau pembeli buah jambu air kaget delima. Khususnya di kelurahan Betokan dan Desa Tempuran yang merupakan daerah kawasan jambu air kaget delima banyak sekali para tengkulak atau pembeli buah jambu air kaget delima yang berdatangan. tengkulak atau para pembeli setelah mendapatkan buah jambu air kaget delima yang dianggap cukup kemudian dikirim ke daerah yang biasa menampung buah jambu air kaget delima seperti swalayan-swalayan atau supermarket - supermarket di kota.

Gambar 5. 7 Tengkulak atau pembeli dan buah jambu air kaget delima yang siap dipasarkan ke supermarket
pembeli akan menghargai buah jambu air kaget delima sesuai dengan kualitas jambu. Semakin baik kualitas buah jambu maka semakin mahal harganya. Cara Budidaya Jambu Air Kaget Delima atau cara menanam jambu air kaget delima.

VII. PENUTUP 

Demikianlah dengan sedikit pengetahuan tentang cara menanam jambu air kaget delima dapat menambah mudah¬mudahan wawasan bagi peminat jambu ini. Di samping itu diharapkan dapat pula digunakan sebagai tambahan pengetahuan dalam budi daya jambu air kaget delima. Serta sebagai sumber tambahan pendapatan bagi masyarakat karena tanaman jambu air ini dapat juga ditanam di pekarangan rumah tanpa membutuhkan perawatan yang sulit.

Demikian sekelumit tentang pengetahuan budidaya jambu air kaget delima semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sumbang saran serta kritik selalu kami nantikan guna untuk lebih meningkatkan pengetahuan tentang budi daya jambu air kaget delima pada masa yang akan datang. Mari kita mencoba semoga Tuhan mengabulkan keinginan kita. amin

LihatTutupKomentar