-->

Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek

Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek

Artikel ini akan membahas cara budi daya tanaman anggrek lengkap semua jenis anggrek dan cara pemasaran nya. Dengan harapan kamu dapat budi daya sendiri di rumahmu. Disamping menyenangkan, kamu juga dapat menjualnya dan mendapatkan keuntungan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Semua  manusia  di dunia  ini pasti  butuh  kebahagiaan,  faktor kebahagiaan manusia tidak hanya uang, materi. kasih sayang, atau yang lainnya. Tetapi juga dipengaruhi oleh keindahan. Keindahan banyak sekali macam nya, ada keindahan tata ruang, busana. keindahan taman, dan masih banyak lagi.

Keindahan taman tidak lepas dengan apa yang sering disebut dengan tanaman hias. Tanaman hias banyak sekali jenisnya. Salah satu di antara sekian banyak tanaman adalah tanaman anggrek. Tanaman jenis  ini banyak sekali disenangi untuk mengisi taman. Tidak hanya itu, tanaman anggrek juga bisa digunakan sebagai bunga potong untuk hiasan buket atau hiasan meja.

Orang-orang kota yang banyak uang senang sekali membeli tanaman anggrek untuk  menghiasi taman  dan  rumahnya. Mereka sering berdatangan ke pasar-pasar bunga atau agen-agen bunga untuk membeli bunga anggrek yang jenisnya beragam. Mengapa hal ini terjadi? Karena mereka tidak sempat atau tidak  punya  waktu untuk membudidayakan bunga. Mereka hanya membeli, menanamnya, dan merawatnya. Bila kamu  mau meningkatkan  ekonomi  atau taraf hidup  kita, kita  bisa mengambil kesempatan emas ini. Kamu bisa membudidayakan bunga anggrek di pekarangan, lalu hasilnya di jual di agen-agen bunga di kota- kota besar.

I. Pendahuluan

Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek
Bunga anggrek banyak disukai dan diminati oleh banyak orang karena bentuknya yang indah  sebagai   tanaman   hias,  dan  juga   bias dimanfaatkan sebagai bunga potong untuk buket (bunga tangan bagi pengantin), atau untuk hiasan meja. Selain itu, yang lebih memikat lagi karena bunga anggrek itu tahan lama.
cara budi daya bunga anggrek
Gambar 1.1 a Anggrek sebagai bunga potong

Anggrek sebagai tanaman hias
Gambar 1.1 b Anggrek sebagai tanaman hias
Budi Daya Tanaman Anggrek

Tanaman anggrek memiliki jenis yang banyak sekali. Ada anggrek bambu,  anggrek cattleya, anggrek tanah,  anggrek mini, anggrek hutan, dan masih banyak lagi lainnya.  Jumlahnya   bisa  sampai ribuan jenis. Semua itu berasal dari  jenis   anggrek budi daya maupun anggrek liar. Dari anggrek liar kemungkinan masih dapat ditemukan jenis anggrek baru hasil persilangan atau hibridisasi.

Anggrek Cattleya
Gambar 1.2a  Anggrek Cattleya

budidaya anggrek Dendrobium
1.2b Dendrobium

anggrek vanda
Gambar   1.2c    Vanda

anggrek Oncidium
1.2e   Oncidium
anggrek Phalaenopsis
1.2d  Phalaenopsis
anggrek Arachnis
1.2f Arachnis


Budi Daya Tanaman Anggrek.  Sebagai tanaman hias, penampilan bunga anggrek berkesan indah dan artistik. Mahkotanya pun beraneka warna. Perlu diketahui bahwa tanaman anggrek ternyata mampu meningkatkan perekonomian  para petani anggrek.   Apa bila   kamu atau orang tuamu  belum pernah membudidayakan anggrek,   buku  ini  akan   mengantarkan mu    anda untuk  mengenal   anggrek, membudidayakannya, merawatnya,   bahkan   sampai   cara  memasarkan anggrek.   Kegiatan  budi daya  anggrek   ini  akan sangat  menguntungkan   sehingga   dapat  meningkatkan  perekonomian.

Membudidayakan    anggrek   itu  mudah   karena untuk menanamnya  tidak membutuhkan  lahan yang luas.   Di  lahan  yang  sempit pun   bisa  dilakukan. Apabila  dibudidayakan   di lahan  yang   luas, tentu hasilnya pun  juga  lebih  banyak.

Budi daya anggrek  dapat  dilakukan  disela-sela waktu  sekolah,  Misalnya,  kamu  sebagai  seorang pelajar   dapat   melakukannya    setelah   belajar   di rumah.   Seorang    pegawai    bisa melakukannya setelah   pulang   kerja,   dan  seorang   ibu  rumah tangga  dapat  melakukannya setiap  saat  setelah selesai mengerjakan  pekerjaan rumah tangga. Budi daya  anggrek  ini mudah dan  sangat  menyenang- kan, serta dapat mendatangkan uang. Tidak mustahil bila  banyak   orang melakukan    pembudidayaan anggrek  di  rumah  mereka  sekalipun   lahan  yang mereka  miliki sangat  sempit.  Dengan  lahan sempit kamu bisa memanfaatkan pohon, tiang bambu, kayu penyangga  bersusun,  pohon buatan, atau mungkin pot sebagai  tempat  budi daya  anggrek.

cara budi daya tanaman anggrek lengkap semua jenis anggrek

II. Pengenalan  Tanaman Anggrek

Tumbuhan anggrek banyak dijumpai di hutan tropis. Anggrek termasuk tumbuhan epifit yaitu tumbuhan yang hidupnya menempel pada tumbuhan lain, tetapi tidak parasit karena tidak mengambil makanan dan unsur hara yang lain dari tumbuhan yang ditumpanginya.

Anggrek punya akar khusus yang disebut akar nafas karena dapat mengumpulkan air dan mineral dari air hujan, embun, dan udara, serta menyimpan nya pada batang dan daun. Selain itu, akar  napas  dapat  membelit  batang  pokok  dan menancap kuat  pada  tumbuhan  tuan  rumah atau  inang nya.

Cara hidup anggrek yang epifit
Gambar 2.1 Cara hidup anggrek yang epifit

Tumbuhan  anggrek  termasuk  divisi tumbuhan  berbiji  atau  Spermatophyta   dengan ciri  khas  mempunyai  bunga  sehingga  divisi  ini sering  disebut  divisi  tumbuhan  berbunga  atau Anthophyta.

Bagian-bagian bunga
Gambar 2.2  Bagian-bagian bunga


Sunga bukan hanya indah dipandang, tetapi juga sebagai alat perkembangbiakan   pada tumbuhan. Di dalam bunga terdapat benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai •alat kelamin betina.

cara budi daya tanaman anggrek lengkap semua jenis anggrek

Asal  Mula  Bunga

Tumbuhan berbiji atau spermatophyta telah ada sejak 150 juta tahun yang lalu, dan mulai dibudidayakan sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Setelah itu dibudidayakan untuk keindahannya.

Bangsa Cina purba mulai mempelajari bunga sebagai salah satu bentuk seni dan bangsa Romawi memuja flora sebagai dewi Sunga.

Tumbuhan berbiji/Spermatophyta terbagi menjadi Angiospermae (tumbuhan dengan biji terbungkus daun buah) dan Gymnospermae (tumbuhan dengan biji tidak terbungkus daun buah).  Gymnospermae   tidak  memiliki  bunga, sedangkan  Angiospermae   memiliki  bunga. Angiospermae   terdiri  dari  2 kelas  yaitu:

1.   tumbuhan  dycotiledone  :  berkeping dua, dan
2.  tumbuhan monocotiledone :  berkeping satu

Tumbuhan anggrek termasuk dalam kelas monocotiledone karena mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek

1  .      Berakar serabut.

Akar  serabut dan pembelit   berfungsi untuk mengikat tubuhnya pada batang inang dan untuk memeluk tumbuhan induk.

2. Batangnya tidak bercabang.

Batangnya merupakan batang semu, lunak, dan bagian dalamnya terdapat pembuluh pengangkut yang letaknya tersebar. Batangnya selalu tumbuh ke arah cahaya dan menggantung sehingga memungkinkan tumbuh atau hidup  di atas tumbuhan lain.

3. Sunga  bermahkota  tiga  lembar  atau kelipatannya.

Bunga merupakan  hasil metamorfosis dari daun dan memiliki daya tarik karena:
a.  bentuknya,
b. warnanya, 
c.  baunya,
d.  ada tidaknya madu, dan
e.  sebagai alat pengenal paling utama pada tumbuhan .

Bunga anggrek adalah bunga majemuk karena dalam satu tangkai terdapat bunga yang lebih dari satu (planta multiflora). Bunga anggrek terletak pada ujung batang atau flos terminal. Selain itu, bunga anggrek berkumpul dalam satu rangkaian dengan susunan yang beraneka ragam.

4. Biji berkeping satu  atau kotiledon berjumlah satu.


Kotiledon  adalah  lembaran  pada biji yang akan berkembang  menjadi embrio atau calon
individu baru.

5. Tulang  daun  sejajar  dan  lurus.

Daun  anggrek  merupakan  daun  tunggal karena  dalam  satu  tangkai  terdapat  satu buah  daun.  Daun  anggrek  bertulang  lurus atau  sejajar,  dengan  ibu tulang  daun  sempit dan  agak  kaku.  Ujung  daunnya  runcing  dan agak  berdaging  berfungsi    menyimpan  air. Kedudukan  tumbuhan    anggrek  dalam taksonomi    atau   klasifikasi  tumbuhan  adalah sebagai  berikut.

D ivisi / bagian : Spermatophyta/ tumbuhan   berbiji
Class/kelas : Angiospermae/berbiji tertutup
Subkelas         : Monocotyledone
Ordo/bangsa :  Gynandrae
Famili/suku :  Phalaenoales
Genus/marga         : Phalaenopsis
Species/jenis         : Phalaenopsis amabilis (anggrek    bulan)

anggrek bulan kuning
Gambar 2.3   Anggrek Bulan kuning

III. PERSIAPAN BUDIDAYA ANGGREK


Species atau jenis anggrek ada banyak sekali bahkan ribuan jenis. Apalagi sejak diadakannya sistem hibridisasi atau perkawinan silang antara sesama tanaman anggrek. Munculnya jenis baru hasil persilangan tersebut menambah banyaknya jumlah jenis anggrek, bahkan individu baru hasil persilangan ini mempunyai bunga yang lebih indah dibandingkan galur murni.

Individu hasil hibridisasi/perkawinan silang yang mempunyai  bunga  lebih menarik dibandingkan galur murni ini, biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lebih   rendah  sehingga mudah terkena hama dan penyakit.

anggrek Brassia rex
Gambar  2.4a Brassia

A. Menyiapkan Lahan

Lahan yang disiapkan untuk menanam anggrek tidak harus luas. Lahan yang sempitpun bisa digunakan. Berapapun   ukuran tanah, tidak menjadi masalah.

B. Mempersiapkan Tempat Menempel

Berikut ini ada beberapa sarana untuk menempel tanaman anggrek.
1.  Bantalan  tanaman  anggrek

Bantalan yang dapat digunakan untuk media menanam anggrek
Gambar. 3.1 Bantalan yang dapat digunakan untuk media menanam anggrek

Bantalan  dapat  terbuat  dari  akar  tanaman paku-pakuan   atau  pakis  yang  sudah  tidak terpakai.  Biasanya  dapat  diperoleh  atau  dibeli di agen  tanaman  hias.  Selain  itu,  kamu juga bisa  membuatnya   sendiri  dengan  menggunakan sabut  kelapa.  Kegunaan  bantalan  ini untuk tempat  menempel  tanaman  anggrek.

Bantalan yang sudah ditumbuhi tanaman anggrek
Gambar. 3.2 Bantalan yang sudah ditumbuhi tanaman anggrek
2.  Bambu

Apakah kegunaan bambu tersebut? Ternyata, bambu digunakan untuk membuat ram atau rak untuk tempat menempelkan bantala anggrek.

Ram bambu tempat menempel anggrek.
Gambar 3.4 Ram bambu tempat menempel anggrek.

Gambar 3.4 Ram bambu tempat menempel anggrek.


3.  Kayu  atau  balok

Kayu atau balok juga dapat digunakan untuk membuat ram sebagai tempat menempelkan anggrek. Kayu ini digunakan sebagai pengganti bila sulit mencari bambu untuk membuat ram.

Ram dari kayu untuk anggrek
Gambar 3.6 Ram dari kayu

4.  Batang  pohon

Pohon yang ditempeli  tanaman  anggrek.
Gambar 3. 7  Pohon yang ditempeli  tanaman  anggrek.
Pohon juga dapat digunakan untuk tempat menempel tanaman anggrek.

5. Pohon   buatan   dari  cabang-cabang  pohon besar
Tanaman anggrek  di pohon buatan.
Gambar  3.9 Tanaman anggrek  di pohon buatan.

Kegunaan  pohon buatan ini untuk tempat menempel  tanaman  anggrek.  Kelebihan  pohon buatan ini yaitu mudah dipindah-pindah   dari satu tempat  ke tempat  yang lain.

C. Menyiapkan  Alat  untuk  Membuat  Sarana

Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek
  • Tempat  Menempel  Tanaman  Anggrek.
  • Alat yang perlukan antara lain gergaji, paku, palu, dan tali plastik.
  • Alat-alat tersebut digunakan untuk membuat ram dari bambu atau kayu.

  • Gergaji
  • Paku
  • Tali Pastik

alat budidaya anggrek

Gambar 3.10  Gergaji,  paku,  palu,  dan tali plastik.

  • Ram Kayu
  • Ram Bambu

media budidaya anggrek
Gambar  3.11   Ram bambu dan ram kayu


Langkah-Langkah Budi Daya Anggrek



Dalam bab ini akan dibahas cara membudidayakan tanaman hias anggrek mulai dari cara membuat bantalan anggrek, membuat ram dari bambu atau kayu, membuat pohon tiruan, pencarian bibit, memperbanyak tanaman anggrek, dan perawatan.
Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek

A.  Cara  Membuat  Bantalan  Anggrek


Tanaman anggrek perlu bantalan sebagai tempat akar-akar anggrek tersebut tumbuh dan menyebar. Bantalan tersebut dapat dibuat sendiri dengan akar tumbuhan paku atau tumbuhan pakis. Apabila kamu tidak mendapatkan akar tumbuhan pakis atau tumbuhan paku, kamu dapat menggantinya dengan sabut kelapa. Setelah kamu mendapatkan akar pakis atau sabut kelapa, akar pakis atau sabut kelapa tersebut kamu tata sehingga menjadi bentuk yang rapi sesuai dengan keinginan.

Letakkan batang tanaman anggrek pada bantalan akar atau sabut kelapa. Kemudian, ikatkan pada tanaman atau sarana lainnya yang sudah disiapkan.
Budi Daya Tanaman Anggrek

Gambar  4.1 

Bantalan  anggrek  pada tumbuhan   besar
Bantalan  anggrek  pada tumbuhan   besar


B. Cara  Pembuatan   Ram  dari  Bambu  atau Kayu  Bekas.


1.   Carilah dua potong bambu bekas yang masih bulat dengan ukuran 1,5 m. Kalau lahan tersebut luas, kamu bisa membuatnya panjang. Akan tetapi,   kalau lahan yang kamu miliki sempit, seperti di perumahan, kamu bisa membuatnya pendek. Runcingkan pangkal kedua potong bambu tadi.

Budi Daya Tanaman Anggrek bambu
bambu ukuran 1,5 m


2. Carilah  sepotong  bambu  lagi yang  masih bulat  dengan  ukuran  2 m atau  sesuai kebutuhan.

Bambu utuh 2 m.
Gambar 4.3 Bambu utuh 2 m.

3.  Belahlah bambu yang berukuran 2 m tadi menjadi 4 belahan bambu. Kemudian, haluskan tepi-tepinya agar tidak menyusup kulit saat dipegang.


Bambu dibelah empat


4.  Pakulah belahan bambu tadi pada bambu yang berukuran 1,5 m. Dua belah bambu di paku di depan, dan dua belah bambu yang lainnya di bagian belakang hingga terbentuk seperti pagar

Belahan bambu yang dipaku sehingga berbentuk seperti pagar
Belahan bambu yang dipaku sehingga berbentuk seperti pagar

5.  Tanamkan bagian tepi ram bagian yang sudah diruncingkan tadi ke dalam tanah.

Bambu sudah ditanam atau ditancapkan ke tanah
Gambar 4.6   Bambu sudah ditanam atau ditancapkan ke tanah.


6.  lkatlah setiap sudutnya agar lebih kuat tali plastik

Gambar 4.7   Bagian sambungan diikat dengan tali plastik supaya kuat.

7.  Warnailah  bambu  tadi  dengan  menggunakan cat  minyak  agar  tampak  indah.


Gambar 4.8 Bambu dicat supaya indah.

8.  Tempat anggrek atau ram sudah jadi. Bantalan anggrek siap untuk ditempelkan pada ram bambu tersebut.



C. Cara  Membuat  Pohon  Tiruan


Tidak semua rumah mempunyai pohon yang cukup besar untuk tempat hidup tanaman anggrek. Sebagai gantinya bisa dibuat pohon tiruan. Cara membuat pohon tiruan adalah sebagai berikut.


  1. Carilah cabang-cabang pohon di sekitar tempat tinggalmu.
  2. Bentuklah  cabang- cabang  itu.
  3. Agar dapat berdiri tegak, tanamlah cabang tadi pada adonan semen dengan  wadah atau cetakan dari pot tanah..
  4. Lekatkan  tanaman  anggrek  pada  berbaga tempat  dengan  menggunakan   tali  ijuk.
  5. Bebatlah atau balutlah batang pohon tadi dengan tali iju_k  sehingga menutupi semua bagian termasuk pangkal anggrek.

D. Pencarian Bibit Anggrek

Bibit anggrek bisa diperoleh dari teman yang memiliki anggrek. Atau bila mempunyai modal, kamu bisa  membelinya di agen penjual tanaman hias.  Kamu bisa membeli beberapa potong anakan anggrek. Satu batang anggrek bisa berkembang biak menjadi banyak, lalu kamu ambil sebagian batangnya untuk diperbanyak   lagi pada  bantalan-bantalan   yang lain.  Begitu  seterusnya  hingga  kamu  memiliki tanaman  anggrek  yang jumlahnya   banyak.

Bibit anggrek.
Gambar 4.15   Bibit anggrek.

E. Cara Memperbanyak Tanaman Anggrek


Gantungkan bibit-bibit anggrek pada ram bambu yang telah tersedia. Buatlah lebih dari satu ram supaya kamu bisa menempatkan lebih
banyak tanaman anggrek.  Kamu juga bisa

F. Menanamnya di pohon-pohon yang sudah kamu miliki atau di pohon tiruan.  

Bila tanaman bertambah banyak,   kamu  bisa mengambil sebagian batang untuk dipindah ke tempat yang lain sehingga tanarnan anggrek lama-lama semakin banyak. Jangan kawatir dengan pohon yang ditempeli anggrek karena anggrek bukan tanaman  parasit.   Berikut ini   ada beberapa persyaratan tumbuh tanaman anggrek yang perlu diketahui agar tanaman anggrek yang kamu miliki tetap dalam kondisi sehat.

Persyaratan tumbuh tanaman anggrek :
1.   lingkungan terbuka,
2.  keadaan udara lembap, dan
3.  sirkulasi udara cukup.

Dengan kondisi yang demikian tanaman anggrek akan akan sehat dan mudah berbunga.
Cara  memperbanyak  anggrek   tanah   dalam  tanah
jenis anggrek tanah

  • Spathoglottis     
  • Phaius               
  • Epidendron       
  • Calathea


Bila kamu mendapatkan bibit anggrek tanah maka ikutilah cara penanaman berikut ini. •

  1. Pisahkan sebagian kecil rumpun muda paling sedikit 3 batang dari induknya atau anakkan yang berada di ujung batang. Bila mengingin- kan hasil yang baik, gunakan rum-pun sisi yang umurnya masih muda. Jika dari rumpun yang sudah tua hasilnya kerdil-kerdil.
  2. Akarnya yang sudah tua dibuang.
  3. Cuci akar dengan air bersih.
  4. Letakkan  akar  pada  dasar  lubang  yang terlebih  dahulu  digemburkan   tanahnya.
  5. Akar  ditimbun  tanah  yang  telah  dicampur  . dengan  kompos  atau  pupuk  kandang.
  6. Siram  tanamannya   kemudian  padatkan  tanah di sekitarnya.


Cara memperbanyak anggrek tanah di pot
Anggrek tanah dapat ditanam di pot. Kelebihannya adalah tanaman bisa ditempatkan di teras atau halaman rumah. Penanaman anggrek dalam pot ini sangat mudah dan sederhana.   Kamu  cukup melakukannya   dalam
lima tahap.


  1. Pilih anggrek tanah. ldealnya bahan tanaman setinggi 50 -  60 cm. Bila tanaman melengkung, sebaiknya potong akar yang muncul di batang supaya tidak meleng-kung. Syarat pemotongan paling sedikit tiga akar udara.
  2. Siapkan  pot berukuran  minimal  15 -  20 cm.
  3. Sediakan  juga  media  yang  dapat  menahan kelembapan.   Contohnya,  cacahan  pakis  atau serbuk  sabut  kelapa  dan  bagian  bawahnya diberi  arang.
  4. Tanam  bahan  tadi  seperti  biasa.  Lalu tanaman  tadi  ditimbun  dengan  cacahan pakis.  Tekan sedikit  supaya  tanaman  bisa tegak.
  5. Topang  tanaman  dengan  menggunakan kawat.  Kawat  dibentuk  seperti  penjepit sehingga  dapat  diselipkan  di pinggir  pot. Kawat  yang  tegak  diarahkan  ke tengah. Batang  anggrek  diikatkan  ke kawat.  

Letakkan tanaman  di tempat  yang  teduh  kemudian sirami  setiap  hari  serta  berilah  pupuk organic dan anorganik secara selang  seling  Ke  pupuk itu disemprotkan ke daun. Bisa juga diberikan lewat  tanah, tetapi terlebih dahulu dilarutkan lewat air. Tanaman anggrek ini  bias diberi pupuk perangsang bunga agar cepat berbunga.

cara budi daya tanaman anggrek lengkap semua jenis anggrek

5.  Tanaman anggrek ini dapat dirangsang berbunga setelah dua bulan atau kalau akar sudah mulai keluar dari batang. Tunas bunga

Link berikut
Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek BAGIAN 1
Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek BAGIAN II
Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek BAGIAN III
Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek BAGIAN IV
Cara budi daya anggrek lengkap semua jenis anggrek BAGIAN V



LihatTutupKomentar